Yuk Simak 8 Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Wajah Kamu

Yuk Simak 8 Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Wajah Kamu Khasiat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Wajah

Cuka apel merupakan minuman herbal yang serba guna dan disebut-sebut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan wajah. Cuka apel sudah dikenal dari zaman Yunani kuno sebagai salah satu bahan pengobatan yang sering dipakai oleh ahli kesehatan. Bagaimana cara minum cuka apel? Jika Anda menggunakan 1 sendok makan cuka apel, campurkan dengan 10 sendok makan air putih. Konsumsi cuka apel setidaknya 1 sampai 2 sendok makan per harinya. Tidak ada aturan khusus kapan kita diharuskan mengonsumsi cuka apel, tetapi beberapa orang biasanya minum cuka apel di pagi hari atau sebelum dan sesudah makan.

Yuk simak 8 khasiat cuka apel untuk kesehatan dan wajah kamu.

1.Manfaat cuka apel untuk wajah
Manfaat cuka apel untuk wajah dapat kamu rasakan karena cuka apel mengandung bakteri, enzim, mineral dan pectin yang berguna untuk menjaga kesehatan wajah. Manfaat yang dapat kamu rasakan dengan menggunakan cuka apel pada wajah terdiri dari:

  • Menenangkan kulit bermasalah
  • Sebagai bahan eksfoliasi dan mengurangi bercak penuaan
  • Mengurangi bitnik hitam pada wajah
  • Mencegah kerutan pada wajah
  • Mencegah adanya jerawat
  • Memudarkan bekas jerawat di wajah
  • Membersihkan pori-pori wajah
  • Mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari

Cara penggunaan: cuka apel pada wajah dapat dengan mencampurkan cuka apel dan air, kemudian usapkan ke wajah. Tunggu selama 30 menit sampai wajah terasa kering, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari selama 6 minggu secara rutin untuk melihat perbedaannya.

Manfaat Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel

2.Manfaat cuka apel untuk jerawat
Cuka apel dapat bekerja sebagai zat alami yang dapat menghilangkan kotoran, debu dan minyak dengan memakai kapas. Kulit kamu akan terasa lebih halus dan cuka apel ini akan membantu mungurangi garis-garis halus pada wajah kamu. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu menyerap minyak yang berlebih pada kulit wajah.

3.Manfaat cuka apel untuk rambut
Cuka apel mengandung asam alpha-hydroxy yang dapat membantu meningkatkan kualitas rambut. Hal ini dapat dilakukan dengan mencuci rambut menggunakan cuka apel. Ini beberapa manfaat cuka apel untuk rambut:

  • Melembapkan rambut yang kering dan keriting
  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Membuat rambut semakin berkilau
  • Mencegah kerontokan rambut
  • Mengatasi masalah ketombe

4. Manfaat cuka apel untuk diet
Kamu pasti menginginkan berat badan yang ideal dan sehat. Selain olahraga dan diet ada ramuan alami yang dapat melunturkan lemak kamu dengan cepat. Kombinasi antara cuka apel dan madu dipercaya dapat menurunkan berat badan. Cuka apel dan madu akan membantu memecah sel lemak, membantu pencernaan protein dan mempercepat metabolisme tubuh. Dan ini akan membuat lemak ditubuh kamu cepat terbakar.

Cara penggunaanya: tambahkan 1 sendok cuka apel dan 1 sendok teh madu di dalam segelas air hangat. Kemudian aduk dan minum 2 kali sehari setiap 30 menit sebelum makan siang dan makan malam.

5. Manfaat cuka apel untuk gigi
Ketika kamu mengonsumsi makanan dan minuman asam, hal itu terbukti merusak lapisan enamel gigi. Enamel gigi yang terkikis secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan seperti gigi berlubang. Cuka apel yang tidak dilarutkan, akan merusak gigi jika dikonsumsi secara langsung. Selain itu, ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu lama, sari cuka dari apel dapat memberi efek warna kekuningan pada gigi dan membuat gigi lebih sensitif.

6.Manfaat cuka apel untuk asam urat
Menyembuhkan asam urat secara alami dapat dengan menggunakan cuka apel. Hal ini dikarenakan dalam cuka apel mengandung zat besi, kalsium, dan kalium yang tinggi dan dapat membantu mengurangi gejala asam urat. Selain itu, cuka apel membantu melancarkan peredaran darah dan juga menghambat pembentukan kristal asam urat.

Cara penggunaan cuka apel untuk asam urat:
a. Cuka apel dengan jsu lemon
Pertama, buat jus lemon kemudian tambahkan dengan 1 sendok makan cuka apel. Aduk sampai merata. Jika kamu tidak memiliki lemon, kamu bisa mengganti dengan buah ceri.

b. Cuka apel dengan kunyit
Kunyit memiliki sifat anti radang dan anti inflamasi yang sangat berguna untuk asam urat. Cara membuat bisa dengan menumbuk kunyit atau bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh, lalu masukkan ke dalam air hangat dan tambah cuka apel sebanyak 1 sendok makan. Aduk dan minum secara rutin, sedikitnya satu kali sehari.

7.Manfaat cuka apel dan madu
Kamu pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat dan terhindar dari radikal bebas. Perpaduan antara cuka apel dan madu memiliki manfaat bai kesehatan kamu. Hal ini dikarenakan kedua bahan dapat menambah kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Berikut beberapa manfaat cuka apel dan madu:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meringankan alergi dan flu
  • Mengobati hidung tersumbat
  • Menyehatkan pencernaan
  • Menurunkan kadar gula di dalam darah
  • Mengobati radang tenggorokan

8.Manfaat cuka apel untuk kulit gatal
Cuka apel dapat mengobati kulit gatal yang diakibatkan oleh alergi. Cara penggunaannya dapat dengan mengoleskan cuka apel sebanyak 1 sendok the ke kulit kamu yang terasa gatal atau bisa juga dengan mengompres kulit yang gatal menggunakan cuka apel.

Dampak negatif cuka sari apel – Selain itu, aplikasi langsung cuka sari apel pada kulit dapat menyebabkan iritasi, ruam, dan sensasi terbakar. Untuk mencegah efek samping cuka sari apel pada kulit, campur dengan air, madu,atau bahan netral lainnya, terutama ketika memiliki kulit sensitif