7 Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil

7 Khasiat Buah LeciBuah Leci dikenal memiliki rasa manis dan segar serta memiliki tekstur yang lebut. Meski memiliki rasa yang sedikit asam, buah ini tetap banyak digemari dan banyak mengandung vitamin. Beberapa vitamin dalam buah leci diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, tembaga, kalium hingga antioksida polifenol yang tentu saja banyak memberi manfaat untuk kesehatan.

Leci dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil, tentu dengan catatan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Berikut 7 Manfaat buah leci untuk ibu hamil:

  1. Meningkatkan imunitas tubuh – Leci banyak mengandung vitamin C, maka dengan mengonsumsi leci akan bermanfaat untuk kesehatan, dimana vitamin C sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika mengalami pilek, flu, dan batuk leci bisa menjadi pilihan untuk menjadi obat rumah yang baik.
  2. Mencegah masalah usus – Leci memiliki banyak kandungan serat dan air. Kandungan ini membuat pergerakan usus atau pencernaan akan lebih lancar, mengurangi infeksi usus besar dan tumpukan. Gangguan pencernaan atau usus pada ibu hamil sering terjadi dikarenakan beberapa faktor, mulai dari perubahan hormon hingga pola makan yang kurang sehat. Maka dengan mengonsumsi leci pada ibu hamil, akan dapat mencegah masalah usus.
  3. Mengatur kadar cairan dalam tubuh – Kalium dalam kandungan buah leci sangat membantu mengatur tingkat cairan dalam sistem tubuh. Dengan mengonsumsi leci pada ibu hamil akan membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.
  4. Menangkal radikal bebas dan mengurangi stress saat kehamilan – Ternyata mengonsumsi buah leci pada ibu hamil dapat membantu tubuh rileks dan dapat mengurangi stress. Hal ini karena buah leci mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan oksidatif.
  5. Menyehatkan kulit – Selain membuat tubuh lebih rileks, kandungan antioksidan pada leci seperti vitamin C dapat menyehatkan kulit serta mengurangi gangguan kulit seperti jerawat dan pigmentasi selama kehamilan.
  6. Membantu menjaga berat badan – Leci kaya akan kandungan fenolik (polifenol) serta memiliki kalori yang rendah. Kandungan ini dapat membantu menjaga berat badan serta mengobati kerusakan hati. Jadi tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kenaikan berat badan saat kehamilan atau pasca persalinan, dengan mengonsumsi buah leci secara teratur dapat membantu permasalahan berat badan tersebut.
  7. Meredakan mual dan muntah – Mual dan muntah pada masa kehamilan sangat sering terjadi, namun dengan mengonsumsi buah laci akan mambantu meredakannya. Buah leci mengandung vitamin B, C, dan B6 yang dapat mengurangi rasa ingin muntah. Selain itu, rasanya yang manis serta sedikit asam juga akan membantu meredakan mual dan muntah pada ibu hamil.

Demikian 7 manfaat buah leci untuk ibu hamil. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi secara berlebihan karena buah leci mengandung kadar gula yang cukup tinggi.