Manfaat Kayu Secang Yang Ajaib

Manfaat Kayu Secang Yang Ajaib Khasiat dan Manfaat Kayu Secang

Kayu secang atau Caesalpinia sappan L berasal dari pohon kecil dan berduri yang bisa tumbuh hingga 9 m. Tanaman kayu secang banyak tumbuh di India, Cina, serta Indonesia. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan adalah kulit kayu dan kayunya sebagai bahan minuman penghangat tubuh dan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan.

Sebagai ramuan herbal tradisional, kayu secang dipercaya memiliki khasiat menyegarkan darah, memperbaiki siklus menstruasi, serta pereda nyeri dan bengkak. Sebagian besar manfaat kayu secang sebagai obat tradisional adalah mengatasi kondisi yang berkaitan dengan darah.

Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah perdu anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan (kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditas perdagangan rempah-rempah. Kayu secang juga mengandung zat alami yang menghasilkan warna merah. Rempah yang satu ini masih berasal dari jenis yang sama dengan kayu manis. Tapi berasal dari jenis pohon yang berbeda.

7 Manfaat Kayu Secang:

  1. Untuk Kesehatan Kulit Tubuh dan Kulit WajahKayu secang memiliki kandungan methanol yang memiliki sifat antimikroba.yang berfungsi untuk menghambat berkembangnya bakteri penyebab infeksi kulit.   Bakteri tersebut bernama staphylococcus aureus. Apabila kita rutin mandi dan cuci muka dengan air rebusan kayu secang, akan bisa membantu  membersihkan tubuh kita karena kayu secang mengandung metanol yang berfungsi menghambat bakteri Staphylococcus aureus, dan kandungan brazilein (pigmen merah) pada kayu secang juga bisa melawan propionibacterium penyebab jerawat. Kandungan zat antioksidan pada kayu secang juga dapat meremajakan kulit. Zat antioksidan tersebut dapat mencerahkan kulit yang kusam karena paparan radikal bebas, baik itu karena polusi dari asap kendaraan maupun debu jalanan.
  2. Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Minum rebusan kayu secang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sehingga  tidak mudah sakit. Hal ini di sebabkan karena kayu secang mengandung  senyawa fenolik dan flavonoid yang bersifat antioksidan dan ampuh menangkal radikal bebas.
  3. Untuk Mengatasi Asam Urat – Kayu secang juga memiliki kandungan sappanchalcone dan Caesalpin P yang bersifat antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat atau gout dan radang sendi. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan cara meminum sirup kayu secang.
  4. Untuk Menyembuhkan penyakit Diabetes – Kayu secang  juga memiliki  kandungan brazilin yang ampuh menurunkan gula darah. Bahkan kandungan sappankalkon, kaesalpin P, dan protosappanin A pada kayu secang bisa menghambat enzim aldosa reduktase penyebab komplikasi diabetes.
  5. Untukm elancarkan peredaran darah dan mencegah kolesterol – Minum wedang secang berkhasiat untuk merelaksasi pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah. Kondisi ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya aterosklerosisi atau penebalan arteri dan mengurangi resiko penumpukan kolkesterol jahat dalam darah.6. Untuk Mengatasi Diare – Kayu secang memiliki manfaat yang ampuh dalam mengobati dan mengatasi diare. Karena kayu secang mengandungan brazilin, galat, resorsin, oscimene, tanin, dan resin yang bersifat antidiare dan menghangatkan tubuh.7.  Untuk mengatasi tumor dan kanker Kayu secang mengandung senyawa n-butanol, kloroform, dan metanol air yang bersifat antikanker. Senyawa yang terkandung dalam kayu secang ini bersifat toksik sehingga berkhasiat untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Asal Pohon secang diketahui berasal dari Brazil dan pertama kali ditemukan oleh Kimichi yang berkebangsaan Spanyol. Oleh sebab itu, masyarakat internasional mengenal tumbuhan secang dengan sebutan Brazil wood atau kayu Brazil. Akan tetapi, beberapa sumber juga menyebutkan jika tanaman secang berasal dari India.

Itulah beberapa manfaat kayu secang untuk kesehatan manusia, Kita bisa mencoba mengkonsumsinya dengan teratur dan benar, sehingga bisa mendapat maanfaatnya.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita dan keluarga.