Ini Panjang Lapangan Sepak Bola versi FIFA

Ini Panjang Lapangan Sepak Bola versi FIFA Ukuran Lapangan Sepak Bola

Sepakbola terus mengalami perkembangan seiring dengan era yang sudah modern seperti saat ini.  Sepakbola merupakan Olahraga yang paling digemari di dunia. Bagaimana tidak, sepakbola dari dulu menyajikan tontonan yang begitu menarik untuk dinikmati di setiap Pertandingannya. Akan tetapi, sepakbola tidak akan bisa dipertandingkan, bila tanpa adanya lapangan dengan ukuran sesuai standar.

FIFA Selaku asosiasi sepakbola Dunia yang sudah diakui, menuliskan ‘Laws of The Game’, hukum dalam pertandingan sepakbola yang harus dipatuhi, salah satu dalam aturan tersebut adalah tentang lapangan pertandingan, atau dikenal dengan istilah ‘Field Of Play’ . Mulai dari panjang kali lebar sampai garis arean penalti dan kick off. Menurut FIFA, ukuran lapangan sepakbola yang sering dipakai adalah 105×68 m atau seluas 7140 m. Akan tetapi, standar ukuran berbeda untuk lapangan yang digunakan dalam pertandingan internasional. Panjang lapangan untuk pertandingan internasional 100-110 m dan lebarnya 64-75 m.

Namun, FIFA tidak hanya mengatur soal panjang dan lebar lapangan sepakbola saja. Ada beberapa hal lain yang juga diatur ukurannya sesuai stadar FIFA, seperti jari-jari lingkar tengah, kotak penalti, jarak titik penalti, kotak kecil (dalam kotak penalti), dan sepak pojok. Yang perlu diketahui bahwa  FIFA memberikan standart mengenai lingkaran yang berada di tengah lapangan harus memiliki Jari-jari lingkaran tengah sebesar 9,15 m. Lalu mundur sedikit ke area belakang maka akan ada kotak penalti, ini merupakan area yang sakral dalam pertandingan. Setiap pelanggaran dalam kotak penalti akan dihukum dengan tendangan dari titik putih.

Namun, tahukah Anda berapa ukuran kotak penalti? FIFA menetapkan kotak penalti harus memiliki panjang 40,32 m dan lebar 16,5 m. Setiap pelanggaran yang terjadi di dalam kotak Pinalty, akan dihukum dengan tendangan penalti. Algojo yang bertugas mengambil tendangan penalti, dengan menempatkan bola di titik putih terlebih dulu sebelum mengeksekusi. Jarak titik putih itu dengan garis gawang dan setengah lingkaran kecil di depan kotak penalti pun diatur FIFA. Jarak titik putih dengan garis gawang adalah 11 m. Sementara itu, jarak dari titik putih ke garis terluar setengah lingkaran kecil lebih pendek, yakni 9,15 m.

Selain itu, ada kotak kecil di dalam area penalti, yang memiliki panjang 18,32 m dan lebar 5,5 m. Setiap kaki kotak kecil itu berjarak 11 m dari kaki kotak penalti, sehingga keberadaannya tepat di tengah. di area ini Kiper atau penjaga gawang sangat diistimewakan di dalam kotak kecil itu, karena di belakangnya ada gawang yang mesti dilindungi.  Membahas mengenai gawang, untuk masing-masing tiang harus berjarak 5,5 m dari kaki kotak kecil. Sementara itu, gawang yang layak digunakan harus memiliki panjang 7,32 m dan tinggi 2,44 m.

Kemudian, lapangan juga memiliki empat sisi yang digunakan untuk melakukan sepak pojok. Setiap sisinya terdapat seperempat lingkaran yang memilki jari-jari 1 m. Jika sebuah lapangan telah memenuhi ukuran-ukuran tersebut, pertandingan dapat digelar sebagaimana mestinya dan sesuai aturan FIFA. Itulah ukuran yang harus di ketahui bagi penyelenggara pertandingan agar Panjang Lapangan Sepak Bola sesuai dengan versi atau standart ketentuan FIFA selaku asosiasi sepakbola Dunia.