Yuk Simak Manfaat dan Kandungan Air Bagi Tubuh Kita

Yuk Simak Manfaat dan Kandungan Air Bagi Tubuh Kita Manfaat dan Kandungan Air Bagi Tubuh Kita

Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan air merupakan komponen tubuh manusia. Total air dalam tubuh manusia rata-rata 50% hingga 60% dari berat tubuh kita.

Beberapa fungsi air bagi tubuh kita diantaranya adalah:

  1. Pembentuk sel dan cairan tubuh
  2. Pengatur suhu tubuh
  3. Pelarut pada proses pencernaan makanan
  4. Sebagai media trasnportasi nutrisi dan O2 serta sebagai media eliminasi sisa metabolisme tubuh

Jadi jika kita minum air dengan cukup, maka tubuh akan dapat berfungsi dengan baik. Tubuh akan terasa fit dan fresh. Air juga mempengaruhi kualitas suara kita. Hidrasi yang baik akan membuat suara terdengan lebih jelas. Tanpa adanya air, kualitas suara yang dihasilkan akan menurun. Untuk itu dianjurkan minum minimal 2.300 – 2.600 mili liter perhari, terutama bagi usia produktif dan juga tergantung aktifitas sehari-hari yang dilakukan.

Manfaat minum air putih bagi kesehatan sangatlahnya banyak sekali, karena air menjadi unsur penting untuk menunjang performa karena efeknya yang dapat memperbaiki fungsi kognitif. Jika kebutuhan air dalam tubuh kurang, beberapa gangguan otak dapat terjadi seperti kognitif, psikomotor dan bahkan bisa gangguan ingatan.

Air putih ternyata tidak mengandung kalori, sehingga dengan mengonsumsi air putih yang cukup dapat mengurangi resiko naiknya berat badan. Beda jika kita mengonsumsi secara berlebih minuman yang mengandung gula. Gaya hidup seperti ini akan meningkatkan resiko kegemukan.

Minum Air Putih yang banyak dipercaya dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh, diantaranya adalah: Meningkatkan kinerja otak, Mengalirkan oksigen, Menyehatkan kulit, Memperkuat imun tubuh, Mengurangi rasa lelah, Membentuk ludah dan lendir, Menytabilkan suhu tubuh, Melancarkan pencernaan.

Akibat kurang minum air putih ternyata dapat berakibat fatal terhadap kesehatan, karena dapat mengakibatkan mulai dari dehidrasi, sakit, stres, dan banyak lagi. Gejala dehidrasi adalah haus berlebih hingga merasa lemas. Bahkan manusia bisa bertahan lebih lama hidup tanpa asupan makanan ketimbang tanpa asupan cairan. Tak heran, 60% tubuh manusia terdiri dari cairan.

Demikian manfaat dan kandungan air bagi tubuh kita, mari kita biasakan minum air putih secukupnya.