Manfaat Rutin Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Rutin Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Kita selalu diingatkan tentang pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari. Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa minum air hangat ternyata bisa membawa manfaat lebih jika kita lakukan secara rutin. Sebagian orang lebih suka meminum air putih dingin. Padahal kalau kamu minum air hangat setiap hari, bisa membawa efek positif untuk kesehatan kamu. Terutama jika air hangat diminum secara rutin, rutin minum air hangat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Berikut beberapa manfaat minum air hangat bagi kesehatan tubuh :

1.Melegakan hidung tersumbat 

Uap hangat dari air panas bisa membantu melegakan sakit kepala karena hidung tersumbat. Gunakan uap tersebut untuk melegakan hidung tersumbat dan karena kita memiliki membran mukosa pada leher, minum air hangat bisa mencegah mukosa terbentuk.

2.Memerlancar pencernaan

Minum air hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat melalui perut dan usus. Selain itu, air hangat juga berperan sebagai pelumas yang bisa memperlancar pencernaan itu sendiri.

 3.Detoksifikasi Tubuh

Berbagai jenis makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat membuat tubuh menyimpan banyak racun. Mengonsumsi air hangat mampu membuat tubuh menghasilkan keringat dan racun di tubuh pun akan dikeluarkan lewat keringat itu.

4.Menghilangkan racun tubuh

Minum air hangat akan membantu mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh serta membersihkan sistem tubuh kita. Jika kita meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh kita akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut.

5.Menurunkan berat badan 

Minum air hangat bisa membantu meluruhkan cadangan lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan air hangat, tubuh bisa menurunkan suhu internalnya dan meningkatkan metabolisme.

6.Meredakan stres 

Jika Anda sedang merasa stres, minum air hangat bisa meredakannya secara perlahan. Minum air hangat bisa membuat otot rileks sehingga level hormon kortisol (penyebab stres) menurun.

7.Mengurangi sakit menstruasi 

Salah satu manfaat utama minum air hangat adalah membantu mengurangi kram menstruasi. Air hangat bisa membawa efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi.

8.Meredakan Flu dan Batuk

Ketika sedang sakit, tubuh biasanya menjadi tidak nyaman dan bahkan akan susah tidur. Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum segelas air hangat sebelum tidur malam untuk membantu legakan hidung dan tenggorokan.

Itulah beberapa manfaat jika kamu rutin minum air hangat. Sangat banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan.