Pandemi Covid-19, Ekspor Kopi Indonesia Meningkat

Pandemi Covid-19, Ekspor Kopi Indonesia Meningkat Cita Rasa Kopi Indonesia

Pandemi covid-19 ternyata tidak menurunkan ekspor kopi Indonesia, tetapi menunjukkan tren meningkat dan berpotensi untuk dikembangkan. Tercatat, ekspor kopi Indonesia pada bulan Januari hingga April 2020 sebesar 158.780 ton atau tumbuh sebesar 1,34 persen dibandingkan dengan tahun 2019. Beberapa negara tujuan favorit ekspor kopi Indonesia diantaranya Filipina, Amerika Serikat, Malaysia, Italia, dan Jepang.

Indonesia sendiri memiliki berbagai ragam jenis kopi terbaik dan terenak yang tersebar di wilayah Indonesia, dari sabang hingga merauke. Tiap-tiap daerah memiliki ciri khas kopi yang berbeda-beda, cita rasa dan aroma yang khas. Selain itu juga memiliki cara budidaya yang berbeda-beda juga.

Konsumsi kopi dalam negeri menurut Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian pada Kementerian Pertanian menunjukkan bahwa sepanjang periode 2016 hingga 2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22 persen setiap tahunnya. Untuk itulah peluang bisnis kopi Indonesia masih terus menjanjikan meski di era pandemi ini.

Perkembangan jumlah outlet kopi di Indonesia juga terus meningkat. Hingga tahun 2019, tercatat jumlah outlet kopi di Indonesia meningkat menjadi 2.973 outlet. Hal ini membuka peluang juga bagi koperasi dan UKM. Potensi koperasi dan UKM menjadi pemasok kopi saat ini mencapai 47 koperasi kopi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bagaimana.. tertarik berbisnis kopi? Selain peluangnya cukup besar baik di dalam maupun luar negeri, tentu bahan (kopi) -nyapun juga sangat melimpah di Indonesia.