TOP News
Home » Kesehatan » Yuk Pintar Pakai Masker dengan Benar
Cerdas Pakai Masker - Cara Menggunakan Masker Dengan Benar (Photo by Uriel Mont from Pexels)

Yuk Pintar Pakai Masker dengan Benar

Memakai masker bagi yang tidak terbiasa memang terasa risih dan membebani. Pada beberapa orang dengan kecemasan tinggi, pemakaian masker membuat mereka kesulitan bernapas.

Namun, di tengah pandemic covid-19 ini, masker sudah menjadi kebutuhan untuk melindungi orang lain dan diri sendiri agar tidak tertular covid-19. Penggunaan masker juga sudah diwajibkan, tak jarang beberapa pemerintah daerah atau lembaga menerapkan aturan yang ketat penggunaan masker.

Berikut penggunaan masker yang benar menurut Kementerian Kesehatan:

  • cuci tangan memakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) sebelum memasang masker. Jika tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%).
  • Pasanglah masker untuk menutupi mulut dan hidung.
  • Kencangkan tali masker sehingga tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan (minimal alkohol 60%)
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Untuk masker medis hanya digunakan satu kali saja, sedangkan masker kain dapat digunakan berulang kali
  • Untuk membuka masker: lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker; Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. Untuk memasang masker baru, ikuti poin pertama.

Saat menggunakan masker, jangan menurunkan masker ke dagu, karena kemungkinan masker tercemar virus cukup tinggi. Area dagu merupakan area terekspos, yang meemungkinan virus menempel. Jika masker menempel pada dagu, area dalam masker akan tercemar virus dan menyebar di seluruh bagian dalam masker. Ketika dinaikkan Kembali, virus akan menempel di bagian dalam masker, mulut/hidung jadi terpapar virus, maka virus akan masuk ke tubuh.

Lalu kapan boleh melepas masker? Jika harus melepas masker, maka lepaslah masker secara keseluruhan. Melepas masker dapat dilakukan saat akan makan atau minum, berbicara di sebuah forum, maupun aktivitas lainnya yang mengharuskan melepas masker.

Masih berani menurunkan masker ke dagu? Pikirkan kembali kemungkinan akibatnya ya..

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »