Ternyata Dimulai dari Benjolan, Penyakit Kanker Getah Bening Disebabkan oleh Makanan Sehari-hari Ini

Ternyata Dimulai dari Benjolan, Penyakit Kanker Getah Bening Disebabkan oleh Makanan Sehari-hari Ini makanan-penyebab-kanker

Siapa yang tak pernah dengan kanker getah bening hampir semua kalangan masyarakat mendengar dan tahu penyakit ini. Penyakit yang merenggut nyawa dari artis kawakan Ria Irawan sampai Olga Syahputara. Sebenarnya kanker getah bening adalah jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan satu bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker.

Kanker getah bening bisa dikenali dari munculnya benjolan di daerah leher. Namun siapa sangka ternyata, penyakit ini bisa disebabkan oleh makanan kita sehari-hari. Kanker getah bening bisa dikenal sebagai jenis penyakit kanker paling mematikan di dunia. Di Indonesia ada beberapa publik figure yang berpulang karena penyakit satu ini. misalnya, Ria Irawan, Ustaz Arifin Ilham, hingga Olga Syahputra.

Kanker getah bening sebenarnya bisa kita kenali dari munculnya benjolan di daerah leher. Ternyata, penyakit ini bisa disebabkan karena makanan sehari-hari yang sering kita makan. Kanker Getah Bening Ditandai dengan Benjolan pada Leher. Sebenarnya ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai.

Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening dilansir dari Faktakanker.com, berikut ini makanan Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening yang Harus Dihindari

1. Tomat yang Dikemas dalam Kaleng

Tomat yang dikemas dalam kaleng memiliki kandungan senyawa kimia yaitu bisphenol-A. Dari kandungan senyawa ini pada bahan makanan akan meningkatkan kecepatan dalam pembentukan sel kanker. Dari sinilah mengapa tomat yang dikemas dalam kaleng bisa menjadi penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening.

2. Buah-buahan yang ditanam dan dirawar dengan Pestisida

Nah, Satu hal yang perlu kita ketahui jika buah sudah terkontaminasi pestisida, mencucinya pun tidak bisa membersihkan dengan seutuhnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita hanya mengonsumsi buah yang bebas dari pestisida demi kesehatan kita, bila beli dari pedagang bagaiman cara safetynya dengan cara mencuci buah-buahan dengan cara merendam beberapa menit lalu baru di bersihkan.

3. Mengonsumsi Popcorn dari Microwave

Memasak dengan menggunakan microwave diketahui dapat mendatangkan berbagai jenis penyakit. Hal ini disebabkan oleh kandungannya yang berbahaya dalam makanan, termasuk juga ketika memasak popcorn di dalam microwave, jadi agar aman lebih baik dengan cara yang lain ya..!!

4. Mengonsumsi Daging Merah

Beberapa jenis daging merah diketahui sangat tinggi pengaruhnya untuk meningkatkan kolorektal dalam perkembangan sel kanker. nah, dari sini mungkin jangan mengkonsumsi dengan berlebih, secukupnya saja demi menjaga kesehatan kita.

5. Makanan yang Dibakar

Salah satunya pengaruh makanan dibakar adalah penyakit kanker. Jadi untuk menjaga kesehatan sangat disarankan untuk mengolah makanan tanpa pembakaran dan pengasapan sebisa mungkin.

6. Kentang yang Digoreng

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kentang yang digoreng lalu dikonsumsi dapat meningkatkan resiko kanker pada tubuh seseorang yang mengonsumsinya, termasuk juga penyebab kanker kelenjar getah bening.

7. Daging Olahan

Daging olahan yang kita beli mungkin saja memiliki kandungan pengawet yang dapat menjadi pemicu sel kanker dalam tubuh kita. Jadi daging olahan pun termasuk makanan penyebab kanker kelenjar getah bening yang harus kita hindari. tidak hanya Daging olahan bahan makanan apa saja yang di awetkan harus berhati hati takutnya dapat menimbulkan sel kanker.

nah itulah beberapa makanan yang dapat memicu Kanker. Kanker Gatah Bening ini sendiri menurut Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr.dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengungkapkan, “Setiap orang gejalanya bisa berbeda-beda. Tetapi bukan berarti muncul satu gejala, lalu langsung ketakutan dan mengira itu limfoma. Harus diperiksakan ke dokter,” kata Andhika.

Jika hasil diagnosis adalah limfoma, pengobatan medis harus segera dilakukan. Kanker ini awalnya akan menimbulkan bengkak atau benjolan di daerah tubuh yang terdapat kelenjar getah bening. Umumnya muncul di sekitar leher, ketiak, dan pangkal paha. “Belum tentu leher bengkak itu limfoma. Kalau limfoma, benjolannya biasanya lebih dari satu atau seperti bergerombol dan tidak terasa sakit,” kata Andhika.