TOP News
Home » Gaya Hidup » Kesehatan » Terlihat Sehat, 5 Gejala Diabetes yang Tanpa Disadari, Padahal Sudah Menggerogoti
Waspada Gejala Diabetes

Terlihat Sehat, 5 Gejala Diabetes yang Tanpa Disadari, Padahal Sudah Menggerogoti

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Penyakit ini juga digolongkan penyakit yang berbahaya. nahh, berikut ini kita akan membahas Lima ciri-ciri penderita diabetes yang perlu diketahui, mudah mengantuk hingga terus-terusan buang air kecil.

Jika tubuh kita merasa sehat jangan merasa sudah aman. Kenali tanda-tanda penyakit yang satu ini bisa jadi sudah merasuki dalam tubuh kita. Berikut 5 Gejalah Diabetes yang Tak Disadari yang dilansir dari WebMD, berikut 5 ciri-ciri diabetes yang sering dikeluhkan oleh pasien.

1. Terus-terusan buang air kecil

Hal yang perlu di perhatikan ialah pernah kah kita bangun tengah malam karena tidak tahan menahan pipis? nah bila hal ini terlalu sering, bisa jadi kita mengalami gejala penyakit ini. Penyandang penyakit ini akan sering buang air kecil karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi, sehingga tubuh mengeluarkannya lewat urin.

2. Sering Kelelahan

Salah satu tanda-tanda diabetes adalah tubuh mudah lelah. Seseorang yang menderita diabetes tidak dapat mengubah karbohidrat menjadi energi sehingga secara langsung dapat menyebabkan kelelahan. Jika hal ini sering terjadi kepada kita alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Mudah mengantuk

Selain Kelelahan, Gejala diabetes ialah kita sering mengantuk, rasa mengantuk ini pun berbeda dari rasa ngantuk pada umumnya.  Menurut dr Wismandari Wisnu SpPD KEMD dari RS Pondok Indah, orang normal akan merasa kantuk ketika berada di dekat bantal dan guling.  Nah, Sebaliknya, penyandang diabetes merasa ingin tidur ketika sedang beraktivitas.

4. Mudah lapar

Salah satu gejala lainnya adalah penyandang diabetes mudah merasa lapar. Menurut Klik Dokter, hal ini disebabkan karena makanan yang sulit diubah menjadi energi akibat kekurangan hormon insulin. Sangat penting untuk mengontrol pola makan sehingga membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.  Kita tetap masih bisa menikmati hidup selama mengikuti batasan tertentu. Untuk makan siang kita bisa makan normal selama porsi dikontrol.

Sedangkan pada waktu sarapan dan sebelum tidur, tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat.Sehingga konsumsilah asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

5. Berat badan turun

Sering kali kita tanpa menyadari hal ini. Nah, jangan pernah sepelekan ketika berat badan kita turun secara drastis. Pasalnya, ini berhubungan dengan kekurangan energi yang dirasakan tubuh.

Dari beberapa gejala diatas Apakah kita merasa ada ciri-ciri diabetes seperti di atas? Kalau seandainya ada, kita tidak perlu panik. Semuanya bisa diatasi asalkan kita mengatasinya secara tepat. Segera konsultasikan ke dokter dan patuhi aturan makan yang telah dianjurkan dan memilih nutrisi yang sesuai!

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »