Yuk Simak 6 Inovasi Digital Baru Yang Diluncurkan Selama Pendemi

Yuk Simak 6 Inovasi Digital Baru Yang Diluncurkan Selama Pendemi Inovasi Digital Selama Pandemi

Selama pandemi covid-19, ternyata banyak sekali inovasi-inovasi digital bermunculan. Inovasi-inovasi tersebut diwujudkan dalam aplikasi dan program dalam jaringan, diluncurkan untuk memudahkan penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. Berikut 6 inovasi digital hasil kerjasama kementerian, perguruan tinggi, maupu perusahaan pengembang:

Peduli lingkungan

Merupakan aplikasi yang difungsikan untuk melacak penyebaran dan mendata pergerakan pasien covid-19 selama 14 hari. Aplikasi ini merupakan hasil Kerjasama antara Kementerian Kominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN, BNPB, dan PT. Telkom Indonesia.

10 Rumah Aman

10 Rumah Aman merupakan aplikasi yang digagas Kementerian Kominfo dan Kantor Staf Kepresidenan. Aplikasi ini memiliki fitur: memantau persebaran covid-19 di sekitar rumah, pencatatan suhu tubuh secara berkala oleh komunitas, serta tersedianya informasi langkah-langkah pencegahan dan penanganan covid-19.

Bersatu Lawan Covid-19

Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan BNPB. Memiliki bebera fitur akses data resmi bagi masyarakat, misalkan untuk menu Data Pasien menampilkan beberapa sub menu: pemeriksaan fisik, perjalanan dan kontak, petugas Kesehatan, daftar kontak, dan Rapd Test. Aplikasi ini juga memberikan data kependudukan, Kesehatan, dan logistic.

Chatboth Whatsapp

Chatboth Whatsapp merupakan layanan chat melalui whatsapp yang menyediakan informasi covid-19 seperti kabar terakhir covid-19 di Indonesia, informasi gejala covid, cara melindungi diri dari covid, rumas sakit rujukanm covid, dan lain sebagainya. Layanan ini dipersembahkan oleh Kementerian Kominfo, Facebook dan Telkom Group.

Curhatin

Curhatin merupakan aplikasi layanan konsultasi psikologi dengan pakar psikologi yang dilakukan dengan mengirimkan pesan, telepon, maupun video call. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur tips ati stress, metode stress healing, stress monitoring, dan pencatatan jurnal pribadi. Hebatnya aplikasi ini merupakan karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Sejiwa

Sejiwa merupakan layanan telepon untuk penanganan masalah psikologi akibat pandemic covid-19 yang menyediakan layanan konseling dan edukasi kepada masyarakat terdampak. Aplikasi ini merupakan kerjasama antara Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian PP & PA, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Telkom Indonesia, HIMPSI, dan Infomedia.