Menjemput Keinginan dengan Banyak Bersholawat

Menjemput Keinginan dengan Banyak Bersholawat

Setiap manusia, pasti mempunyai keinginan dan impian yang ingin dicapi. Banyak sekali bahkan beribu-ribu keinginan manusia. Untuk mewujudkan keinginan, apa yang harus kita lakukan? yang harus kita lakukan adalah berusaha dan berdoa. Setiap usaha yang kita lakukan harus kita iringi dengan doa, karena usaha dan doa haruslah berjalan beriringan.

Banyak amalan baik yang bisa dilakukan agar doa yang  dipanjatkan segera dikabulkan Allah. Dengan bersholawat mempunyai kekuatan besar sebesar doa yang kita panjatkan. Sebenarnya, sholawat yang kita panjatkan untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah doa. Karena itu, ketika kita sedang memiliki hajat atau keinginan, kita dianjuran untuk memperbanyak bersholawat atas Nabi.

Bershalawat artinya, jika datang dari Allah berarti pemberian rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan, dan jika dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat. Membaca shalawat, selain sebagai perintah secara langsung dari Allah SWT, yang Dia dan para malaikat mencontohkannya, juga memiliki banyak keutamaan yang akan didapat oleh orang-orang yang mengamalkannya.

Banyak hadits Nabi yang membahas tentang keutamaan bersholawat. Mulai dari keutamaan hingga kapan saja waktu yang baik untuk bersholawat. Allah SWT memerintahkan kita untuk memberi salam kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai wujud penghormatan dan kecintaan kita pada Sang Nabi. Karena itu, Allah juga menyukai orang-orang yang selalu bersholawat pada Nabi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kamu membaca sholawat, maka hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah dan memujiNya. Lalu bacalah sholawat kepada Nabi dan setelah itu berdoalah dengan doa yang diinginkan,”
(HR Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Dari hadits tersebut jelas menyebutkan jika dengan bersholawat kepada Rasulullah, kita bisa mengiringinya dengan doa. Berbagai keajaiban sholawat dalam mengabulkan doa yang kita kehendaki juga sudah banyak terdengar.

Banyak sekali keutamaan jika kita banyak membaca sholawat, yaitu :

Mendapatkan syafaat Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Dijanjikan pahala berlipat. Rasuullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Diangkat derajatnya. Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Banyak sekali keutamaan bersholawat yang bisa kita dapatkan, masih banyak lagi keutamaan bersholawat.

Seperti sabda Rasullah, kita dapat mengawali sholawat pada Nabi dengan puja-puji pada Allah. Sholawat kepada baginda Rasul ini pun tidak dibatasi berapa jumlahnya, tentu semakin banyak sholawat yang kita panjatkan, semakin besar pula menfaat dan pahala yang kita terima. Selain bersholawat setiap selesai sholat 5 waktu dan sebelum memanjatkan doa, memperbanyak sholawat pada Hari Jum’at pun banyak dianjurkan guna mendapat banyak kebaikan lainnya.

Semoga kita mampu mengamalkan dengan banyak membaca sholawat. Bukan hanya keinginan yang dapat kita gapai, tetapi banyak sekali keutamaan dengan banyak membaca sholawat. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang senantiasa bersholawat.