Mengenal RAISA, Robot Cerdas Besutan Unair dan ITS

Mengenal RAISA, Robot Cerdas Besutan Unair dan ITS Robot Raisa, Dok. Komunikasi Publik ITS

Sisi lain pandemi covid-19 selain virus yang banyak membawa musibah adalah munculnya teknologi-teknologi dan inovasi-inovasi baru di bidang kesehatan, Pendidikan, transportasi, dan lain sebagainya.

Salah satu inovasi yang fenomental karya anak bangsa adalah RAISA, Robot pintar asisten tim medis. Robot RAISA ini merupakan hasil kolaborasi riset dan inovasi dua perguruan tinggi negeri di Surabaya Jawa Timur, yaitu Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Karya tersebut masuk dalam Konsorsium Covid-19 hasil dari Kemenristekdikti.

RAISA berkerja dengan cara kendali jarak jauh yaitu dengan menggunakan wifi. Ditugaskan atau ditempatkan pada ruang Intensive Care Unit (ICU) dan ruang Hight Care Unit (HCU). Robot ini dimanfaatkan untuk kebutuhan penanganan pasien sadar maupun pasien yang tidak sadar dan dalam kondisi berat.

RAISA memiliki beberapa keunggulan utama seperti beroperasi hingga delapan jam dan menggunakan baterai, dilengkapi kamera beresolusi tinggi, dan dapat berputar hingga 360 derajat untuk memantau kondisi pasien secara langsung.

Beberapa layanan yang disediakan robot RAISA diantaranya memantau interaksi pasien dengan tenaga medis, menghitung denyut jantung, melihat suhu tubuh pasien dan saturasi oksigen, serta mengantarkan obat dan barang keperluan pasien.

Demikian beberapa fitur dan keunggulan robot RAISA, inovasi perguruan tinggi sebagai wujud nyata implementasi teknologi dalam membantu penanganan covid-19.