Simak, 7 Tren Teknologi Yang Tumbuh Di Masa Pandemi

Simak, 7 Tren Teknologi Yang Tumbuh Di Masa Pandemi Tren Teknologi Yang Tumbuh Di Masa Pandemi

Teknologi terus berkembang dan berubah, tidak hanya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, namun juga kondisi atau situasi yang memaksa manusia memutar otak untuk membuat inovasi. Pandemi covid-19 contohnya, pandemic telah membawa banyak perubahan dalam hidup kita. Tidak hanya di bidang kesehatan, ekonomi, industri, dan transportasi, tetapi berpengaruh juga pada tren teknologi. Berikut 10 tren teknologi yang yang biasa dan akan terus digunakan pada masa pandemi ini:

  1. Tele education and training

Tele education and training meminimalisir kontak langsung antara pengajar dengan peserta. Peserta cukup berada di rumah untuk mengikuti proses pembelajaran atau training. Ke depan, edukasi melalui daring akan banyak digunakan.

  1. Belanja Daring

Untuk menghindari kontak langsung, atau alasan efisiensi, berbagai kalangan lebih memilih belanja mudah dan cepat melalui online. Saat ini belanja melalui online bukan lagi menjadi pilihan namun sudah merupakan kebutuhan.

  1. Pembayaran digital

Pembayaran digital memberikan kemudahan masyarakat dapat melakukan transaksi tanpa kenal waktu dan tempat. Tentu tersedianya layanan pembayaran digital ini membuat transaksi keuangan yang lebih efektif dan efisien

  1. Telemedicine

Telemedicine memungkinkan pelayanan medis jarak jauh dan dilakukan secara daring. Tren teknologi ini menjadi alternatif konsultasi kesehatan yang popular digunakan saat ini.

  1. Robot dan drone

Untuk mengurangi interaksai antar manusia, teknologi robot dan drone akan semakin banyak digunakan.

  1. 3D Printing

Teknologi 3D printing memang masih belum banyak digunakan di Indonesia, namun teknologi ini berpotensi akan menjadi tren untuk mendukung less contact economy.

  1. Hiburan Daring

Mendapatkan hiburan dengan menghindari keramaian dan kerumunan sangat mungkin dilakukan di masa pandemi ini. Dapat dilakukan melalui streaming music dan film. Platform lagu dan film daring ini akan semakin banyak digunakan untuk menemani aktivitas di masa pandemi.