5 Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

5 Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi Kawah Ijen (Ijen Mountain, Banyuwangi , Indonesia) / unsplash/@agnisyulia

Wisata Banyuwangi (Travel Destination Banyuwangi) – Eksotisme Banyuwangi sudah tidak diragukan lagi. Saat ini Banyuwangi telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan untuk kawasan wisata.

Dikutip dari kompas.com Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menuturkan bahwa simulasi dilakukan guna memeriksa kesiapan tempat wisata menyambut era new normal. “Simulasi kami lakukan untuk mengecek kesiapan destinasi wisata dalam menyambut normal baru ke depan. Apa-apa yang kurang, apa yang belum dilengkapi, semua diujicobakan. Ini agar saatnya dibuka nanti, wisata yang aman, sehat, bersih menjadi standar kita semua,” kata Abdullah.

Destinasi wisata Banyuwangi yang wajib kalian kunjungi ketika berlibur ke Banyuwangi:

  1. Kawah Ijen – Sudah tidak asing lagi jika pesona kawah ijen terletak pada Blue Fire atau Api Biru. Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua tempat di dunia yang memiliki fenomena tersebut. Kawah Ijen berada di ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl).
  2. Taman Gandrung Terakota – Tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ijen. Tepatnya di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin. Terakota sendiri merupakan nama bahan yang digunakan untuk membuat patung-patung penari ini. Semua penari yang terdapat di taman ini bukanlah penari asli tetapi patung yang terbuat dari tembikar yang merupakan nama lain dari terakota.
  3. Pantai Pulau Merah – Pantai Pulau Merah mempunyai garis pantai hingga lebih dari 3 km. Pantai yang berlokasi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, merupakan surga bagi peselancar baru. Gulungan ombaknya pun hanya setinggi dua meter, membuat mereka akan lebih mudah untuk mengontrol papan selancar.
  4. Taman Nasional Baluran – Taman Nasional ini dijuluki Little Africa atau Africa Van Java. Hal ini dikarenakan taman yang seluas 25.000 hektar ini menyajikan suasana seperti sedang berada di padang savana di Afrika.
  5. Pantai Plengkung – Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini, memiliki ombak yang sangat tinggi dan besar, sehingga banyak mengundang minat para peselancar tingkat dunia untuk menaklukkannya.