Belanja Online Nyaman, Simak 7 Tips Aman Berikut Ini

Belanja Online Nyaman, Simak 7 Tips Aman Berikut Ini Tips Aman Belanja Online

Pandemi covid-19 menuntut kita untuk lebih banyak tinggal di rumah agar tidak tertular virus mematikan ini. Untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari hingga kebutuhan lainnya, belanja online merupakan solusi yang paling praktis.

Meski belanja online yang memberikan kemudahan, praktis, dan tinggal klik hadir sebagai solusi, namun harus tetap diperhatikan keamanan. Belanja aman akan membuat kita nyaman dalam melakukan transaksi. Jangan sampai kita menjadi korban penipuan.

Saat ini jumlah usaha e-commerce di Indonesia mencapai 15,8% dengan jumlah pengguna e-commerce  sebanyak 168,3 juta. jumlah kasus penipuan belanja online di Indonesia ternyata cukup tinggi, yaitu mencapai 19 ribu kasus.

Agar belanja tetap aman dan nyaman, simak tips terhindar penipuan online berikut ini:

  1. Kenali toko online dengan cermat

Pergunakanlah aplikasi belanja online resmi yang terpercaya demi keamanan dan kelancaran transaksi online

  1. Cek identitas penjual

Periksa identitas penjual dan jejak digitalnya. Toko online yang bagus dan kredibel selalu menampilkan identitas dan riwayat transaksi yang bisa kita cermati.

  1. Perhatikan foto produk

Perhatikan foto produk dengan cermat. Mintalah foto produk yang asli atau minimal tanyakanlah berapa persen tingkat kemiripan produk dengan yang asli

  1. Jangan tergiur dengan harga murah

Harga murah merupakan daya Tarik konsumen untuk membeli barang. Pelaku penipuan online biasanya selalu memajang suatu barang dengan harga yang sangat murah. Cek standard harga barang melalui internet, carilah pembanding agar tidak mudah tergiur.

  1. Jangan terpaku pada testimoni

Meski testimoni membantu meyakinkan, namun baca dan cermati ulasan atau testimoninya apakah benar-benar asli dari pembeli atau fiktif

  1. Cek rekening penjual

Sebelum melakukan transaksi secara online, periksa ulang rekening penerima tersebut di cekrekening.id apakah nomor rekening penjual pernah dilaporkan karena kasus penipuan atau bulan.

  1. Simpan bukti transfer

Setelah melakukan tranfer uang terhadap rekening penerima, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer untuk melaporkan apabila terjadi penipuan online.

Demikian 7 tips belanja online dengan aman dan nyaman. Pastikan cermati dan teliti sebelum bertransaksi.