Yuk Simak Cara Mengolah Tetelan Daging Sapi Agar Lebih Empuk dan Lunak

Yuk Simak Cara Mengolah Tetelan Daging Sapi Agar Lebih Empuk dan Lunak

Tetelan adalah bagian dari daging dan lemak yang menempel di bagian tulang kambing atau tulang sapi. Cara mengolah tetelan daging sapi agar lebih empuk dan lunak, tidak keras, alot ataupun sulit dikunyah, serta memiliki rasa yang lebih enak dan lezat, akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara mengolah tetelan daging sapi atau daging kambing dapat menggunakan daun pepaya, nanas, ataupun jahe sebagai bahan untuk melunakkan. Hal ini dikarenakan pada daun pepaya, nanas dan jahe mempunyai kandungan enzim sehingga dapat memecah protein yang ada di dalam daging.

Berikut cara mengolah tetelan daging sapi agar lebih empuk dan lunak:

1.Daun Pepaya

Pertama-tama, memarkan daun pepaya sebelum tetelan di marinasi. Hal ini memiliki tujuan agar getah daun pepaya keluar dan berfungsi untuk membuat tetelan empuk. Lakukan marinasi tetelan dengan daun pepaya selama 1 jam hingga enzim yang ada pada daun pepaya keluar dan dapat memecah serat daging sapi atau daging kambing.

2.Jahe

Untuk pertama-tama, memarkan jahe lalu campur dengan tetelan daging sapi atau daging kambing dan diamkan beberapa waktu. Marinasi tetelan daging sapi atau daging kambing bersama jahe dapat mempengaruhi rasa dari tetelan daging sapi atau daging kambing Tetelan daging sapi atau daging kambing akan sedikit ada rasa pedas ketika kamu diamkan terlalu lama, jadi marinasi dapat dilakukan dalam waktu 30 menit saja.

3.Merebus menggunakan rempah

Menggunakan cara merebus tetelan daging sapi atau daging kambing pada waktu yang lama kemudian campur dengan rempah di dalam air yang sudah direbus. Tentukan lama waktu untuk merebus sesuai dengan selera kamu.

Semakin lama kamu merebus, maka tetelan daging sapi atau daging kambing semakin empuk. Rempah yang kamu campurkan juga dapat menghilangkan bau amis dari tetelan daging sapi atau daging kambing.

4.Nanas  

Penggunaan nanas untuk membuat tetelan daging sapi empuk, dapat diblender dahulu kemudian diamkan bersama tetelan. Marinasi tetelan daging sapi atau daging kambing selama 30 menit. Hal ini dikarenakan reaksi nanas akan memecah protein tetelan daging sapi lebih cepat dan semakin lunak dan empuk.