Begini Cara Membersihkan Usus Sapi atau Kambing Agar Dapat Diolah Menjadi Masakan yang Lezat

Begini Cara Membersihkan Usus Sapi atau Kambing Agar Dapat Diolah Menjadi Masakan yang Lezat

Selain daging sapi atau daging kambing, terdapat juga jeroan yang sering diolah jadi berbagai macam masakan saat Idul Adha. Salah satu jeroan dari sapi atau kambing yaitu usus sapi atau kambing yang dapat kamu olah menjadi gulai usus.

Sebelum kamu mengolah dan masak usus sapi atau kambing menjadi masakan yang lezat, kamu wajib mengetahui cara membersihkan usus sapi atau kambing, yaitu sebagai berikut:

1.Membersihkan usus menggunakan air dari selang

Di dalam usus sapi atau kambing memiliki kotoran, usus harus kamu siram menggunakan air yang mengalir dari selang agar kotoran usus sapi atau kambing hilang. Cara untuk membersihkan usus yaitu memasukkan selang yang airnya mengalir ke dalam usus. Kemudian siram bagian dalam usus sambil diurut-urut. Apabila air yang keluar dari usus sapi atau kambing telah berwarna bening, itu menandakan bahwa bagian dalam usus sapi atau kambing bersih.

2.Merebus usus menggunakan rempah

Setelah kamu mencuci usus sapi atau kambing bersih, rebus usus menggunakan air yang telah diberi bumbu rempah seperti jahe, lengkuas dan daun salam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari usus sapi atau kambing. Setelah cara-cara di atas kamu lakukan, usus sapi atau kambing siap untuk diolah menjadi berbagai masakan yang lezat.