Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Obat Alami

Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Obat Alami Obat Alamai Untuk Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terla2.lu tinggi.

Rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang mengalami stres atau sedang melakukan kegiatan fisik yang berat juga dapat disebabkan karena kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung koroner.

Berikut obat alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi :

1.Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Baik diminum saat pagi dan malam hari.

2.Jambu Merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin. Kamu bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

3.Kulit Manggis

Selain rasa buahnya yang lezat, kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Diketahui, kulit manggis mengandung zat anti kanker yang bernama xanthone. Kulit manggis juga mengandung anti-oksidan, yang jauh lebih kuat dibandingkan vitamin E dan C.

4.Wortel

Wortel mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan. Sehingga, kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Sejumlah studi telah membuktikan, wortel bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5.Jahe

Rempah, seperti jahe juga sering disinggung sebagai salah satu obat herbal kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan, rempah ini bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh, serta mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

6.Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan populer yang digunakan untuk obat-obatan herbal. Bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Caranya: makan tiga sampai empat siung setiap hari, jangan lupa banyak minum air untuk menghindari dehidrasi akibat zat diuretik yang terkandung dalam bawang putih.

7.Seledri

Seledri mampu menurunkan hipertensi dan kolesterol pada tubuh secara efektif. Didalam seledri terdapat kandungan ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Konsumsilah jus seledri sebanyak satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah.

8.Jus Anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

9.Mengkonsumsi Brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jagat dalam tubuh Anda. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi.

10.Kunyit

Warna kuning pada kunyit tersebut mengandung kurkumin, sehingga berkhasiat menguras asam empedu. Masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat bagi pengidap kelesterol berlebihan. Sifat kunyit tersebut berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh. Jika ingin mengonsumsi santan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.

Selain mengkonsumsi obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, hal yang perlu anda lakukan jika kadar kolesterol tinggi adalah menghindari makanan berlemak dan pilih makanan sehat. Anda tidak perlu olahraga terlalu berat, cukup dengan jogging, bersepeda atau jalan santai.