TOP News
Home » Kesehatan » Thermo Gun Aman Untuk Cek Suhu Tubuh
Pengukuran suhu tubuh (Dok. Kemenkes RI)

Thermo Gun Aman Untuk Cek Suhu Tubuh

Akhir-akhir ini telah beredar hoax atau berita palsu yang menyebutkan penggunaan thermo gun untuk pengukuran suhu di ruang publik dapat merusak otak. Namun faktanya, thermo gun hanya menggunakan sinar infra merah, informasi mengenai thermo gun merusak otak adalah informasi yang salah.

Badan Standarisasi Nasional (BSN) mengingatkan masyarakat agar tidak perlu khawatir dengan penggunaan thermo gun klinis yang sering dijumpai di ruang publik sebagai sebagai salah satu rangkaian protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 untuk mengukur suhu tubuh karena aman dan tidak merusak otak. Ada dua jenis thermo gun yang sering digunakan untuk mengukur suhu yaitu thermo gun klinis dan thermo gun industri. Berikut perbedaan kedua thermo gun tersebut:

Thermo gun klinis:

  • Rentang ukur suhu 32-42 derajat celcius dengan akurasi sampai 0,2 derajat celcius
  • Lebih akurat untuk ukur suhu tubuh
  • Untuk hasil akurat, jarak ukur thermo gun klinis tidak bisa terlalu jauh, jarak ukur manual berkisar 1-10 cm
  • Mengukur suhu tubuh dengan pancaran radiasi sinar inframerah, bukan menggunakan sinar laser dan sinar radio aktif semacam x-ray.

Thermo gun industri:

  • Rentang suhu yang lebih besar, sampai 500 derajat celcius atau lebih, dengan akurasi sampai 1,5 derajat celcius
  • Untuk mengukur benda yang berbahayabila didekati karena suhunya sangat tinggi
  • Untuk mengukur benda yang letaknya tinggi dan sulit dijangkau tangan manusia, misalkan trafo listrik
  • Dilengkapi laser, namun bukan untuk mengukur suhu secara langsung, melainkan memperkirakan jarang pengukuran.

Dekian pembahasan singkat tentang thermo gun, jadi pengukuran suhu badan dengan menggunakan thermo gun aman dan mari mengingatkan masyarakat agar tidak khawatir.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »