Penyebab Suhu di Indonesia Dingin dan Tips Menjaga Kesehatan

Penyebab Suhu di Indonesia Dingin dan Tips Menjaga Kesehatan

Suhu dingin tengah dirasakan di sejumlah wilayah di Indoesia saat ini. Suhu dingin di Indonesia diprediksi bakal terjadi 2 bulan kedepan. Hal tersebut berdasarkan keterangan dari BMKG. Menurut BMKG, fenomena suhu dingin ini diprediksi berlangsung cukup lama. BMKG pun mengungkapkan penyebab suhu dingin yang kini terjadi di sejumlah daerah di tanah air. Daerah yang mengalami suhu dingin antara lain Jawa, Bali NTT dan NTB. Daerah-daerah tersebut mengalami penurunan suhu, sehingga masyarakat akan merasa sangat kedinginan.

Hal ini terjadi karena tekanan udara yang ada di Australia lebih tinggi dibanding dengan tekanan udaran di Indonesia. BMKG menyebut, suhu dingin di Indonesia terjadi lantaran adanya pergerakan massa udara yang ada di Australia ke Indonesia. Meskipun demikian, fenomena suhu udara dingin merupakan kondisi alamiah yang biasa terjadi hampir setiap tahun.

Dalam keadaan suhu dingin seperti ini, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang dapat dilakukan. Antara lain sebagai berikut :

1.Menggunakan pakaian yang tebal dan menutupi tubuh

Bisa menggunakan jaket yang dapat menutupi seluruh tubuh kita. Usahakan mengenakan pakaian berlapis. Kamu juga dapat menggunakan sarung tangan, penutup kepala dan kaus kaki.

2.Minum air putih yang cukup

Disarankan untuk cukup minum air untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika dehirasi terjadi, maka hal itu dapat memperburuk kondisi kesehatan di saat udara dingin.

3.Kenakan pakaian yang kering dan bersih

Hal ini dikarenakan udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit bisa menyebabkan kulit kering.

4.Memapaki krim pada bagian bibir dan area sekitar hidung

Untuk mengolesi krim pada bagian bibir dan area sekitar hidung agar tidak kering dan terluka. Jika kering dan terluka, maka nafsu makan bisa turun. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang mengalami mimisan.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat suhu dingin. Untuk mencegah timbulnya gangguang kesehatan akibat suhu dingin kita dapat melakukan beberapa hal sesuai tips diatas agar kita selalu sehat.