Disiplin, Yuk Stop Covid-19 Semakin Menyebar

Disiplin, Yuk Stop Covid-19 Semakin Menyebar Yuk Stop Covid-19 Semakin Menyebar

Sampai dengan tanggal 29 Juli 2020, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 setidaknya terdapat 100.000 lebih jumlah kasus konfirmasi di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat tajam dibandingkan periode sebelumnya.

Tercatat untuk zona merah yang pada tanggal 19 Juli 2020 berjumlah 35 kabupaten/kota, per-tanggal 27 Juli 2020 meningkat menjadi 53 kabupaten/kota. Begitu juga dengan zona orange, yang sebelumnya 169 kabupaten/kota, per-tanggal 27 Juli meningkat menjadi 185 kabupaten/kota.

Sedangkan untuk penyumbang kenaikan kasus, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah memetakan, setidaknya terdapat 8 kluster yang dominan menjadi sumber penularan virus covid-19 di Indonesia, yaitu: fasilitas kesehatan, perkantoran, pasar dan tempat pelelangan ikan (TPI), mall, seminar, lokal transmisi, dan pesantren.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada, karena kita semua tidak tahu siapa saja di sekitar kita yang terpapar covid-19. Setidaknya terdapat 3 anggapan salah yang menjadi penyebab utama covid-19 menyebar dengan cepat. Anggapan salah tersebut diantaranya:

  • “mereka rekan kerja saya”, sehingga kita bebas ramai berkumpul tanpa masker
  • “mereka teman dekat saya”, sehingga kita bisa berbicara tanpa menggunakan masker
  • “mereka keluarga saya”, sehingga kita bisa berbicara tanpa menggunakan masker

Anggapan-anggapan inilah yang harus kita hindari. Sebaliknya, sebagaimana himbauan pemerintah, masyarakat diminta untuk selalu menerapkan pemakaian masker dengan baik dan benar jika keluar rumah, jaga jarak aman setidaknya 2 meter dan rutin cuci tangan menggunakan sabun.