TOP News
Home » Kesehatan » Ciri-ciri dan Penyebab Depresi Beserta Pencegahannya
Bahaya cyberbullying (img:pixabay)

Ciri-ciri dan Penyebab Depresi Beserta Pencegahannya

Pengertian Depresi – depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang memiliki ciri-ciri suasana hati terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Disamping itu, seseorang yang dilanda depresi juga tidak bisa menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Kondisi ini disebabkan berbagai faktor, seperti mengalami kesedihan yang mendalam serta memiliki pengalaman traumatis.

Penyebab depresi
Penyebab depersi disebabkan karena adanya pengalaman traumatis yang bersifat objektif maupun subjektif mampu memicu depresi, baik itu karena kekerasan fisik, emosional, hingga kejadian yang bisa mengancam nyawa. Gangguan kesehatan mental depresi jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan penderita melakukan tindakan bunuh diri.

Kenali Penyebab Depresi dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Depresi dan Cara Mengatasinya

Meskipun penyebab depresi belum diketahui secara pasti, akan tetapi pada umumnya seseorang yang mengalami depresi disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut:

  • Trauma – Trauma adalah pengalaman emosional yang ditandai dengan ketidak mampuan untuk melepaskan diri dari ingatan kejadian buruk di masa lalu. Kondisi kejiwaan umumnya disebabkan oleh suatu kejadian buruk dan cara seseorang dalam memaknai peristiwa menyakitkan tersebut. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan mengalami gangguan depresi.
  • Kekerasan Emosional – Kekerasan emosional disebut juga dengan bullying yang menjadi salah satu faktor seseorang mengalami depresi. Beberapa kekerasan emosional seperti ejekan dan hinaan dapat berpengaruh buruk bagi kondisi kejiwaan penderita. Seseorang yang sering dituntut terlalu keras, bahkan melebihi kemampuan, bisa meningkatkan risiko mengalami stres dan depresi.
  • Riwayat Keluarga – Seseorang dengan riwayat keluarga yang memiliki gangguan depresi maka lebih berisiko mengalami depresi. Depresi sendiri sangat kompleks, artinya banyak gen berbeda yang masing-masing memberi efek kecil, daripada gen tunggal yang berkontribusi terhadap risiko penyakit.

Ciri-ciri umum depresi
Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang serius di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi menduduki peringkat ke-4 sebagai penyakit yang ada di dunia. Adapun ciri-ciri depresi yang serint terjadi adalah sebagai berikut:

  • Selalu merasa kelelahan dan kehilangan gairah seksual
  • Kehilangan selera makan dan sering merasa pusing yang tidak jelas alasannya
  • Berat badan turun secara drastis atau naik drastis
  • Memiliki keinginan untuk bunuh diri
  • Merasa putus asa dan tidak berharga
  • Sering merasa cemas dan khawatir yang berlebihan
  • Kehilangan selera untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  • Sering merasakan suasana hati yang buruk dan perasaan sedih yang berkelanjutan

Cara mengatasi dan mencegah depresi
Cara mencegah depresi yang termudah adalah dengan cara selalu bersyukur, seperti diketahui bahwa salah satu puncak kebahagiaan adalah ketika seseorang dapat bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua permasalahan yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu berusaha untuk selalu bersikap terbuka juga dapat terhindar dari kondisi depresi yang kian memburuk, dimana bersikap terbuka terhadap orang-orang terdekat seperti sering mencurahkan perasaan dan isi hati bisa menjadi obat psikologis agar suasana hati lebih tenang dan tentram. Oleh karena itu, mencoba untuk memaafkan diri sendiri dan menumbuhkan kepercayaan diri menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah depresi.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »