Penyebab Kulit Keriput Yang Harus Kamu Hindari

Penyebab Kulit Keriput Yang Harus Kamu Hindari

Keriput tentunya jadi masalah yang paling ingin dihindari untuk mempertahankan penampilan awet muda. Apalagi jika sudah muncul, keriput tak mudah untuk dihilangkan. Malah keriput akan terus bertahan dan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Namun penyebab keriput cepat muncul bisa jadi akibat rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Kira-kira apa saja ya penyebab kulit keriput yang harus kamu hindari :

1.Tidur Tengkurap dan Miring

Bahwa posisi tidur yang baik adalah terlentang. Selain mengurangi kenaikan asam lambung dan sakit pada leher, posisi tersebut membantu kita meminimalkan keriput di wajah. Dilansir dari Huffington Post, ini karena wajah tidak tertindih dan terkena tekanan apa pun.

2.Terlalu Sering Makan Makanan Manis

Selain membuat gemuk, makan makanan yang mengandung banyak gula ternyata bisa membuat kulit cepat keriput lho. Molekul gula yang menempel pada protein dapat membuat kulit menjadi kaku dan mati. Hal ini menyebabkan hilangnya elastisitas pada wajah, pembengkakan dan munculnya garis-garis halus.

3.Diet yang Tidak Konsisten

Ada kalanya seseorang begitu semangat ingin diet dan akhirnya berhasil. Ia bisa menurunkan berat badannya secara drastis. Namun jika sedang malas, ia bisa makan banyak lagi dan berat badan kembali seperti sebelum waktu diet. Jika ini dilakukan berulang, maka bisa merusak elastisitas kulit. Terlebih jika gaya ini dilakukan pada perempuan di atas umur 30 tahun di mana elastisitas kulit sudah makin menurun. Efek yang paling kentara adalah kulit lebih mudah berkerut dibanding orang lain yang memiliki berat badan yang stagnan.

4.Sering Mengucek Mata

Kulit pada area mata merupakan bagian yang paling halus. Untuk itu hindari mengucek mata dengan kasar karena semakin sering kamu melakukannya, kulit pada area mata akan kendur dan merusak kolegen serta elastin, sehingga kulit lebih mudah keriput.

5.Memakai Makeup dengan Kasar

Memoleskan makeup di bawah mata bisa memicu keriput yang lebih cepat pada bagian bawah mata. Jadi jika memakai makeup baiknya cukup memoleskannya secara perlahan atau menepuk-nepuk saja.

6.Tidak Menggunakan SPF

SPF bisa menjadi skincare untuk melawan sinar matahari yang bisa diserap oleh kulit. Hal ini sebagai anti-aging agar kulitmu tidak cepat menua.

7.Paparan Polusi Udara

Menurut World Health Organization (WHO), polusi tidak hanya mengakibatkan empat juta kematian setiap tahunnya. Hal ini juga bisa menimbulkan keriput pada kulit kita karena kulit akan teroksidasi dan kehilangan kelembapannya. Maka dari itu, hindari paparan polusi dari kendaraan bermotor, asap rokok, dan lainnya.

8.Kurang Tidur

Studi dari The American Academy of Sleep Medicine Foundation menemukan bahwa kekurangan tidur memengaruhi munculnya keriput pada sekitar mata mulut, dan kelopak mata. Ini karena kulit kita tidak akan mendapatkan waktu untuk memulihkan diri setelah aktivitas yang padat seharian. Sel-selnya pun akan sulit untuk memperbarui diri.

9.Tidak Menghapus Makeup

Seusai menjalani rutinitas yang panjang tentunya kamu ingin segera tidur begitu sampai di rumah tanpa berniat membersihkan make up. Nah kebiasaan ini ternyata berdampak buruk lho. Make up yang bercampur dengan debu akan menumpuk dan masuk ke pori-pori kulit. akibatnya kandungan kolagen dan elastin di kulit ikut terganggu dan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu biasakan bersihkan wajah sebelum tidur.

10.Merokok

Merokok memberikan beberapa kerusakan kulit yang paling parah, termasuk kelopak mata atas kendor, kantong mata, keriput wajah, kerutan di atas dan di bawah bibir, dan dagu kendor. Nikotin dalam rokok mempersempit pembuluh darah di kulit, sehingga membatasi aliran oksigen dan nutrisi ke lapisan luar. Selain itu, asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, yang merusak kolagen dan elastin kulit.

Itulah beberapa penyebab kulit keriput yang harus kita hindari. Kebiasaan sehari-hari seperti itu yang akan membuat kulit semakin cepat keriput.