TOP News
Home » Peristiwa » Regional » Pandemi, Ini 5 Langkah Percepatan Transformasi Digital Ala Jokowi
Presiden Joko Widodo saat memimpin Ratas di Istana Merdeka. (Dok. Humas Setkab)

Pandemi, Ini 5 Langkah Percepatan Transformasi Digital Ala Jokowi

Pandemi covid-19 merubah tatanan pola kehidupan, mulai dari kesehatan, ekonomi, transportasi hingga pemerintahan dan pelayanan publik. Kondisi ini dengan jeli ditangkap Presiden Jokowi yang menekankan kondisi pandemi covid-19 menjadi momentum untuk melakukan berbagai terobosan dan percepatan transformasi digital di Indonesia.

Perubahan cara beraktivitas, cara kerja, cara belajar, hingga seluruh aktivitas lainnya yang semula dilakukan secara offline atau luring, dilakukan menjadi lebih banyak online atau daring dan digital.

Dalam arahannya pada Rapat Terbatas Perencanaan Transformasi Digital, Istana Merdeka, 3 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo memberikan setidaknya lima instruksi untuk segera melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Percepat penyediaan layanan internet di 12.500 desa/kelurahan serta di titik-titik layanan publik.

Berikut 5 arahan Jokowi untuk percepatan transformasi digital di Indonesia:

  1. Segera melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet
  2. Persiapan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, maupun penyiaran.
  3. Mempercepat integrasi pusat data nasional
  4. Menyiapkan kebutuhan SDM talenta digital
  5. Menyiapkan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan secepat-cepatnya.

Demikian 5 langkah percepatan transformasi digital, semoga digitalisasi di Indonesia semakin baik, meningkatkan layanan public pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.  Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.  Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »