Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami

Tenggorokan gatal dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti reaksi alergi, perubahan cuaca, menghirup udara berpolusi, ataupun karena infeksi seperti flu. Berbagai bahan alami maupun obat-obatan dapat Anda coba untuk membantu meredakan tenggorokan yang tidak nyaman. Tenggorokan gatal bisa jadi pertanda terjadinya penyakit asma, radang amandel, infeksi virus atau bakteri. Pada umumnya tenggorokan gatal dipicu oleh infeksi virus. Namun Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara mengobati tenggorokan gatal yang bisa Anda lakukan, mulai dari mengonsumsi obat hingga bahan-bahan alami.

1.Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air hangat dicampur dengan garam bisa membantu meredakan rasa nyeri, dan mengurangi bengkak di tenggorokan serta mencairkan lendir. Caranya campurkan 1 sendok garam dengan secangkir air hangat, lalu kumur selama beberapa detik. Ulangi kumur garam hingga rasa gatal di tenggorokan hilang.

2.Susu dan Kunyit

Minum susu yang dicampur sedikit kunyit mungkin dapat membantu Anda menenangkan tenggorokan gatal. Selain susu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan air. Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit. Minum tiap malam sebelum tidur.

3.Air Jahe dengan Lemon dan Madu

Ambil satu sendok makan madu dan tuangkan ke gelas. Lalu, tuangkan air panas ke dalamnya. Campurkan air madu tersebut dengan perasan air lemon dari setengah buah lemon. Parut sedikit jahe dan aduk bersama bahan lain. Minum campuran ini sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

4.Cuka Apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai salah satu obat alami untuk tenggorokan gatal. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air panas. Tunggulah hingga cukup dingin untuk diminum sebelum mengonsumsinya.

5.Permen Pelega Tenggorokan

Permen dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat menjaga tenggorokan tetap lembab dan meredakan rasa gatal.

6.Air Putih

Gatal di tenggorokan, diiringi dengan rasa sakit. Minum air putih dengan jumlah yang banyak bisa meredakan rasa gatal dan sakit di tenggorokan. Air putih menjadi solusi terbaik.

7.Perasan Lemon

Lemon mengandung astringent dengan rasa yang asam dapat mematikan virus dan bakteri penyebab gatal di tenggorokan. Caranya campurkan 1 sendok perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, bisa ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam yang berlebih. Lalu diminum hingga rasa gatal di tenggorokan menghilang.

8.Istirahat Cukup

Beristirahat dengan cukup, akan membantu tubuh untuk melawan virus ataupun bakteri penyebab tenggorokan menjadi gatal. Berilah jeda yang cukup saat bekerja di siang hari, dan tidur yang cukup saat malam hari.

Itulah beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan ketika kamu mengalami rasa gatal pada tenggorokan. Tidak hanya menggunakan bahan yang alami tetapi makanan yang bisa menjadi penyebab tenggorokan gatal juga harus dihindari.