Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin dan Kamis ilustrasi berdoa

Puasa senin dan kamis adalah puasa sunah, tetapi puasa ini istimewa karena Nabi Muhammad SAW sering melakukan ini. Berniat melakukan puasa senin dan kamis tentu bernilai Ibadah. Sebelum melaksanakan puasa tersebut kita sebagai kaum muslim hendaknya tahu tatacara melakukan puasa senin dan kamis. Puasa senin dan kamis tidak berbeda dengan puasa sunah lainnya. Hukum jika melaksanakan puasa senin dan kamis ialah mendapatkan pahala, namun jika tidak dilakukan hal ini tidak akan berdosa karena bukan sesuatu yang wajib.

Keutamaan Puasa Senin Kamis adalah Diriwayatkan oleh Abu Hurairah,”Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad).

Dari riwayat hadist di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pada hari senin dan kamis merupakan hari istimewa. Pada dua hari tersebut, jika seseorang melakukan puasa maka amalan akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Itulah mengapa Rasullullah memilih berpuasa pada hari penting tersebut.

Berikut bacaan biat puasa Senin dan Kamis!

Disaat kita ingin mejalankan Puasa apa saja maka hal yang pertama dilakukan adalah membersihkan diri dari hal hal yang membatalkan atau yang mengurangi pahala berpuasa, lalu hendaknya kita membaca niat.

Berikut ini lafal bacaan niat puasa Senin Kamis dalam bahasa Arab:

1. Niat Puasa Hari Senin 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

2. Niat Puasa Hari Kamis 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Nah itu tadi bacaan dari niat puasa senin dan kamis. yang perlu kita ketahui bahwa waktu membacanya, niat puasa pada hari senin dan kamis ini tidak diharuskan atau tidak wajib pada malam sebelum menjalankan puasa tersebut. Ini lah beberapa kemudahan menjalankan puasa senin dan kamis karena berbeda dengan puasa pada umumnya di bulan Ramadhan yang mewajibkan membaca niat sebelum menjalankannya. satu hal terpenting lagi pada saat mau menjalankan puasa senin kamis adalah pada saat hari itu kita belum makan, minum atau menjalankan perkara yang bisa membatalkan puasa. nah puasa senin kamis bisa kita jalankan dan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT.