Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium, apa saja? yuk Simak.!!

Makanan yang Mengandung Tinggi Kalsium, apa saja? yuk Simak.!! makanan-tinggi-kalsium

Kalsium merupakan jenis mineral yang di butuhkan tubuh kita untuk menunjang kesehatan. Banyak orang mengetahui bahwa kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Fakta dilapangan bahwa manusia memiliki kalsium yang lebih banyak dari pada jenis mineral lainnya.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium merupakan cara terbaik untuk memenuhi kalsium harian kita. Kalsium tak hanya untuk pertumbuhan saja, kalsium juga berperan penting dalam kesehatan jantung kita, mencegah osteoporosis, melancarkan aliran darah dan menjaga otot dan syaraf kita

maka dari itu kita wajib mengetahui makan apa saja yang mengandung tinggi kalsium, agar tubuh kita selalu sehat dan terjaga kebugarannya. yuk simak apa saja Makanan yang Mengandung Kalsium.

1. Yoghurt

Yogurt merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Didalam yogurt terdapat banyak jenis bakteri probiotik hidup yang memiliki manfaat kesehatan. Yoghurt juga diduga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Yoghurt mengandung 45 persen kebutuhan kalsium harian seberat 245 gram, dan mengandung rendah lemak. ini sangat baik terutama untuk menjaga metabolisme tubuh.

2. Susu

Makanan yang satu ini sudah tak asing lagi, karena semua jenis susu mengandung sumber kalsium. Terutama susu rendah lemak dan susu tanpa lemak, ini menjadi sumber kalsium yang sangat baik sekali. Sumber kalsium terbaik dapat diperoleh dari hasil susu maupun olahannya yang berasal dari susu sapi maupun susu kambing.

kandungan kalsium yang terdapat pada susu sapi tergantung jenisnya antara 276-352 mg, karena kandungan ini tergantung dari jenis susu biasa, susu rendah lemak, atau susu tanpa lemak. Untuk kandungan susu kambing memiliki kandungan sebanyak 327 mg. susu kambing merupakan sumber protein, Vitamin A dan Vitamin D.

3. Almond

Mungkin sedikit yang tahu jika almond merupakan jenis kacang-kacangan. Dari jenis kacang-kacangan almond termasuk memiliki kandungan kalsium tertinggi. Almond dapat menghasilkan 8 persen kebutuhan kalsium harian kita atau sekitar satu ons (22 butir). Almond juga meberikan serat sebanyak 3 gram serta lemak dan protein sehat. selain itu almond juga memiliki kandungan magnesium, vitamin E dan Mangan.

Kacang kacangan sendiri juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, lemak, dan faktor resiko lain penyakit metabolik dalam tubuh.

4. Biji – bijian

Siapa sangaka biji-bijian juga mengandung banyak kalsium. beberapa biji-bijian yang mengandung kalsium adalah poppy, wijen, seledri, dan chia. yang perlu diketahui lagi biji wijen tidak hanyak mengandung kalsium namun juga kaya mineral, tembaga, besi dan mangan. selain itu Chia juga kaya akan asam lemak omega-3 nabati.

nah, itu tadi beberapa makanan yang mengandung tinggi kalsium. Agar kebutuhan kalsium harian kita terpenuhi maka mulailah mengkonsumsi makanan tersebut agar kesehatan kita terjaga.