Tips Agar Bulu Kucing Lebat dan Tidak Rontok

Tips Agar Bulu Kucing Lebat dan Tidak Rontok Bulu Kucing Lebat dan Tidak Rontok

Memelihara kucing memiliki manfaat yang baik terutama untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih bertanggung jawab. Hewan seperti kucing banyak disukai orang untuk dijadikan hewan peliharaan. Hewan yang satu ini memang sangat lucu dan sikapnya yang begutu manja memang sangat cocok menjadi hewan peliharaan yang bisa menemani kita.

Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing atau hewan apapun lainnya, anda harus siap dengan segala konsekuensi dan bersedia bertanggung jawab akan segala kebutuhan kucing anda dalam keadaan sehat maupun sakit. Salah satunya adalah melakukan perawatan pada bulu kucing agar lebat dan tidak mudah rontok. Kira-kira apa saja tips yang dapat dilakukan untuk selalu menjaga bulu kucing peliharaan kita lebat dan tidak mudah rontok.

1. Pemberian minyak ikan
Minyak ikan sangat baik untuk kucing karena mengandung banyak OMEGA3 yang baik untuk kesehatan kulit dan bulu kucing, untuk pengaplikasiannya bisa dengan mencampurnya bersama makanannya kemudian kita aduk rata, sehingga kucing bisa mendapatkan keuntungan dari makanan yang disantap sekaligus kandungan OMEGA3 yang terkandung dalam minyak ikan. Jika kucing kita suka menjilati minyak ikan juga bisa langsung diberikan tanpa perlu dicampurkan dengan makanannya.

2.Berikan kuning telur matang

Kuning telur menawarkan banyak nutrisi termasuk protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan kucing. Nutrisi ini sangat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan bulu dan kulit kucing. Kamu bisa memberikan kuning telur maksimal tiga kali seminggu. Ingat, hanya kuning telurnya saja karena putih telur mengandung enzim yang disebut avidin yang menghambat penyerapan vitamin B biotin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.

3.Rutin menyisir bulu kucing

Anda dapat menyisir bulu kucing sekali dalam seminggu untuk bulu kucing yang panjang, sedangkan untuk kucing berbulu pendek tidak memerlukan perawatan yang begitu rutin. Selain menyisir bulu kucing itu memiliki manfaat diantaranya sebagai berikut :

  • Proses menyisir kucing akan mendekatkan hubungan emosional antara kucing dan manusia.
  • Menyisir bulu kucing sendiri akan membuat bulu kucing yang rusak akan lepas dan dapat digantikan dengan bulu baru yang sehat.
  • Menyisir bulu kucing akan menghilangkan semua kotoran, bakteri, kutu yang ada di bulu kucing.
  • Membantu merangsang kapiler darah yang berguna meningkatkan transportasi nutrisi dan oksigen yang penting untuk bulu kucing.

4.Memandikan kucing

Memandikan kucing sendiri akan membuat kucing terhindar dari berbagai macam parasit, jamur, kutu dan juga bakteri yang dapat membuat bulu kucing rontok.

5. Asupan vitamin E

Vitamin E ini memang memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit kucing yang secara bersamaan juga baik untuk bulunya. Jenis vitamin E yang biasa digunakan adalah natureE yang banyak beredar dimasyarakat agar kita mudah untuk mendapatnya.

6.Hindari alergi pada kucing

Kucing memiliki alergi pada beberapa hal tertentu seperti jenis protein, jenis kadang, jenis obat, dan hal lainnya. Alergi pada kucing dapat menyebabkan kerontokan bulu, peradangan kulit, hingga pembengkakan. Oleh sebab itu maka lakukanlah cek alergi ke dokter hewan terdekat. Pendeteksian dini terhadap alergi akan membuat kamu dapat mencegah alergi pada kucing.

7.Perhatikan makanan kucing

Seberapa sehat kucing tergantung pada apa yang ia makan. Bulu kucing terutama terdiri dari protein. Jadi, kebutuhannya akan protein sangat besar. Makanan kucing yang baik adalah makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga bulu yang lebih sehat dan lebih tebal.

8.Jemur kucing di pagi hari

Kucing memang tidak bisa menyerap vitamin D dari sinar matahari sama seperti manusia. Namun, kucing sangat suka kehangatan, begitu pula kehangatan sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing. Kamu bisa membiarkan kucing berjemur di pagi hari paling tidak selama 10 menit. Jangan terlalu lama.

Bulu kucing yang lebat akan menambah kecantikannya. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui cara melebatkan bulu kucing dan tidak mudah rontok. Cara di atas dapat menjadi alternatif dalam merawat bulu kucing hingga tumbuh lebat dan cantik. Jagalah faktor psikologis, makanan, shampoo hingga pemberian vitamin untuk mempercepat prosesnya.