7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Yang Harus Kamu Tahu

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Yang Harus Kamu Tahu Semeru, Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Pulau Jawa terkenal dengan pulau yang sangat subur. Lahan-lahan pertanian juga sangat luas yang tersebar mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogjakarta, hingga Jawa Timur. Kesuburan di tanah jawa tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya gunung, baik yang masih aktif maupun yang sudah mati.

Sebagaimana kita ketahui, di gunung banyak kita jumpai sumber mata air. Selain itu, abu vulkanik gunung juga sangat baik untuk kesuburan tanaman. Gunung selain memberikan kesuburan, juga merupakan tempat wisata alam yang indah meskipun memiliki ketinggian yang beragam. Yuk simak 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang wajib kamu ketahui:

  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 3676 mdpi. Karena tingginya, menjadikan puncaknya yang disebut mahameru menjadi puncak atau tanah tertinggi di pulau Jawa.

  1. Gunung Slamet

Gunung Slamet juga merupakan gunung api aktif yang berada di area Kabupaten Banyumas. Memiliki ketinggian 3428 mdpi dan merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa

  1. Gunung Sumbing

Gunung api yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.372 mdpi. Gunung ini terletak di tiga kabupaten di wilayah Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

  1. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur, dengan ketinggian 3.339 mdpi. Puncak Gunung Arjuno dikenal dengan nama puncak Ogal Agil yang berada di ketinggian 3.399 mdpi.

  1. Gunung Raung

Gunung Raung juga merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa dengan ketinggian 3.332 mdpi. Gunung raung mempunyai sebuah puncak yang sangat terkenal, yang disebut dengan puncak sejati.

  1. Gunung Lawu

Gunung lawu terletak diantara 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi Jawa Timur, serta Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Gunung ini memiliki tiga puncak, puncak hargo dalem, hargo dumling dan puncak hargo dumilah. Puncak hargo dumilah merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3.265 mdpi.

  1. Gunung Welirang

Gunung Welirang memiliki arti belerang. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.156 mdpi. Pada puncak Gunung Welirang dapat diselimuti asap putih yang muncul dari kawah gunung yang menyemburkan belerang.

Demikian 7 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang wajib kamu ketahui, gunung manakah yang pernah kamu daki diantara ketujuh gunung tersebut?