Bagaimana Cara Alami Mengatasi Bau Mulut ? Berikut Penjelasannya

Bagaimana Cara Alami Mengatasi Bau Mulut ? Berikut Penjelasannya Tips Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti jenis makanan yang dikonsumsi, gangguan kesehatan pada tubuh, atau kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi. Bau mulut, dalam bahasa medis dikenal sebagai halitosis. Tentunya, bau mulut membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Kondisi ini perlu segera diatasi agar tidak memiliki napas yang kurang sedap. Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Ini ulasannya.

Penyebab Bau Mulut

1.Sinusitis

Sinusitis menghasilkan lendir kental berbau yang mengalir dari rongga sinus ke tenggorokan. Parahnya, saat sinusitis menyerang, penderita tidak bisa mencium dengan baik, sehingga sering luput mendeteksi apakah ia memiliki bau mulut atau tidak. Sinusitis sendiri sebenarnya adalah bentuk peradangan pada dinding sinus. Penyebab utamanya biasanya adalah virus flu yang menyebabkan infeksi. Selain infeksi virus flu, penyebab lainnya antara lain bakteri jamur, infeksi gigi, atau aktivitas merokok yang rutin.

2.Xerostomia

Xerostomia atau mulut kering adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang kadang terjadi karena hal–hal kecil yang terlupakan. Salah satu penyebab mulut kering adalah kurangnya kandungan air liur di dalam mulut. Jika Anda sedang sakit, biasanya lebih mungkin menderita xerostomia dibanding saat sehat. Penyebab lainnya adalah dehidrasi, konsumsi obat, atau saat sedang pilek. Saat pilek, seseorang dipaksa untuk bernafas melalui mulut, sehingga air liur mengering dan terjadi xerostomia.

3.Gangguan saluran pencernaan

Gangguan pencernaan yang paling umum adalah maag dan penyakit asam lambung atau GERD. Saat terkena penyakit asam lambung, lingkaran otot bawah Esofagus biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan asam lambung keluar dari lambung dan naik kembali ke Esofagus, bahkan ke mulut. Asam yang naik sampai ke mulut dan tertinggal di mulut akan menyebabkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

Selain 3 penyebab diatas, masih banyak faktor yang bisa menyebabkan bau mulut. Untuk itu, untuk mengatasi bau mulut dengan cara alami yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

1.Banyak minum air putih

Bau mulut dapat disebabkan oleh mulut yang kering. Cara yang dilakukan untuk membuat mulut lembap adalah mengonsumsi banyak air putih. Terpenuhinya asupan cairan tentu meningkatkan produksi air liur yang membuat bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang biak di dalam mulut.

2.Minum Susu

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, jeruk juga kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatnya air liur, bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan.

3.Jaga Kebersihan Mulut

Selain mengonsumsi air putih, lakukan sikat gigi secara rutin untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal pada gigi. Selain menyikat gigi, kamu perlu bersihkan lidah dengan sikat khusus atau bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Jangan lupa untuk rutin mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

4.Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Biasakan mengganti sikat gigi 2 atau 3 bulan sekali. Setelah sembuh dari sakit pun sebaiknya mengganti sikat gigi agar tidak tertular lagi seandainya ada bakteri yang masih tertinggal.

5.Daun Sirih

Tumbuhan ini sering dipakai sebagai obat herbal, dan secara tradisional, daun sirih banyak digunakan dengan cara dikunyah. Menurut beberapa penelitian, daun sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Efek ini juga baik untuk mengatasi bau mulut.

6.Berkumur dengan air garam atau ajhe

Kamu bisa mengatasi bau mulut yang kamu alami dengan larutan air garam atau campuran air dan jahe. Garam dan jahe memiliki kandungan antibakteri di dalamnya, sehingga sangat ampuh untuk mengusir bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7.Yoghurt

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan probiotik dalam yogurt dapat mengurangi dan mengatasi bau mulut. Anda dapat mengonsumsi yogurt polos yang rendah lemak sebanyak sehari sekali.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut.