Tips Agar Kamu Dapat Membakar Kalori Saat Tidur

Tips Agar Kamu Dapat Membakar Kalori Saat Tidur Membakar Kalori Saat Tidur

Membakar kalori ternyata bisa dilakukan kapan pun, bahkan sebelum kita pergi tidur atau bahkan saat tidur. Tubuh langsing menjadi dambaan sebagian besar orang. Selain berolahraga dan menjaga pola makan, ada cara-cara tertentu yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tubuh impian. Cara ini bahkan membantu kita untuk menghilangkan lemak di tubuh ketika kita tertidur.  Dengan menerapkan langkah-langkah ini, membakar kalori saat kita tengah terlelap bukan hal mustahil. Nah, berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk membakar kalori saat tidur :

1.Hindari Gadget

Disadari atau tidak, bermain gadget di malam hari menyebabkan kita susah tidur dan bangun tidur dengan kondisi lelah. Hubungan antara penggunaan gadget dengan diabetes dan obesitas juga ditemuka pada sebuah studi di Harvard. Sebanyak 10 orang diminta menggeser waktu tidur secara bertahap agar bisa bermain gadget. Ternyata, kadar gula para responden diketahui menjadi lebih tinggi. Kadar leptin, yakni hormon yang menimbulkan perasaan kenyang setelah makan, juga berkurang.

2.Hindari makan dalam porsi besar di malam hari

Makan dalam porsi besar sebelum tidur akan memperlambat metabolisme dan membuat makanan sulit untuk dicerna tubuh. Menurut Breus, otak mengeluarkan hormon pertumbuhan ketika tubuh dalam tahap tidur nyenyak. Ketika Anda tidur dalam keadaan makanan belum sepenuhnya tercerna, maka hormon pertumbuhan akan mendorong tubuh untuk menyimpan makanan sebagai lemak, bukan bahan bakar.

3.Tidur dengan jam yang tepat

Gunakanlah alarm atau buatlah pola tidur yang tetap. Tidurlah pada jam yang sama setiap malam. Anda pun akan mendapatkan jumlah tidur dalam atau fase Rapid Eye Movement (REM) yang cukup. Saat fase Rapid Eye Movement (REM), tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

4.Tidur yang cukup

Mungkin Anda berpikir jika mengganti waktu tidur dengan berolahraga maka tubuh akan membakar kalori dengan jumlah yang lebih banyak. Namun, jika tidur kurang dari 7 jam sehari, hormon yang meningkatkan nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, Anda akan terdorong untuk makan lebih banyak.

5.Konsumsi protein sebelum tidur

Berdasarkan riset dari Florida State University, pria yang mengonsumsi minuman yang mengandung 30 gram protein sebelum tidur, mengalami pengeluaran energi yang tinggi . Selain itu, protein juga membantu pembentukan otot tubuh. Semakin banyak massa otot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang kita bakar saat istirahat.

6.Tidur tanpa cahaya

Jika kita tinggal di daerah yang terpapar dengan lampu luar ruang, cobalah memakai tirai yang gelap untuk kamar tidur. Lebih baik mematikan semua sumber cahaya sekecil apapun. Ketika kita tidur di ruangan yang gelap total, tubuh menghasilkan hormon melatonin. Menurut riset yang diterbitkan dalam the Journal of Pineal Research, hormon ini dapat mengundang rasa kantuk dan membantu produksi lemak coklat yang berperan dalam pembakaran kalori.

7.Minum jus anggur

Anggur termasuk buah-buahan yang bisa membantu tubuh membakar kalori. Jadi, cobalah minum segelas jus anggur di malam hari dan itu bakal akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak saat tidur.

Tubuh bekerja selama 24 jam. Saat tidur di malam hari, tubuh melakukan banyak pekerjaan penting seperti memperbaiki sel dan jaringan, detoksifikasi, memulihkan sistem kekebalan tubuh, hingga memperbaharui sel-sel saraf dan jaringan otak. Jumlah kalori yang dibakar akan berbeda pada setiap orang, tergantung berat badan dan berapa lamanya tidur.