Jenis Umbi Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Jenis Umbi Yang Baik Untuk Dikonsumsi Umbi-Umbian Mengandung Banyak Karbohidrat

Salah satu sumber makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah umbi. Meskipun Beras atau nasi lebih dikenal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Di Indonesia terdapat banyak umbi-umbian yang dapat diolah dengan mudah dan bermanfaat untuk kesehatan. Umbi-umbian biasanya terdapat di bawah tanah (pada bagian akan tumbuhan), memiliki kandungan karbohidrat atau pati

Umbi-umbian yang tersebar di tanah air meliputi singkong, kentang, talas, ubi jalar, uwi, cantel, ganyong, gembili, sente, dan suweg. Setiap jenis umbi tersebut memiliki perbedaa rasa dan manfaat Masing masing. Dari para peneliti sepakat bahwa ada beberapa umbi-umbian yang kaya akan manfaat dan kenikmatan rasanya. yuk simak ulasannya.

1. Kentang (Colanum tuberosum)

Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kentang memiliki kandungan serat, vitamin, mineral dan fitokimia. beberapa manfaat kentang bagi kesehatan seperti:

  • menguatkan tulang kita, karena memiliki kandungan fosfor dan kalisum yang bisa mencegah osteoporosis atau (pengeroposan tulang)
  • Menyehatkan jantung kita, dengan kandungan serat, potasium, vitamin C dan Vitamin B6 yang bisa mendukung kerja jantung.

ketika kita ingin mendapatkan manfaat tersebut kita haru mengolahnya dengan cara menggoreng. namun beberapa orang enggan memakan kentang, terutama bagi mereka yang ingin mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat.

2. Singkong (manihot esculenta)

Singkong selain memiliki sumber karbohidrat yang tinggi ternyata singkong banyak mengandung vitamin C dan zat antioksidan lain, seperti asam fenolik, saponin, anthraquinones, dan alkaloid yang berguna untuk kulit. Singkong jika di masak menjadi kuliner yang gurih maupun manis yang akan menggugah selera atau mood makan. Selain harganya murah singkong tidak di anjurkan dikonsumsi dengan jumlah yang besar untuk kesehatan. karena kadungan nutrisi lain sangatlah kurang.

3. Ubi rambat, Ubi Ungu (dioscorea spp)

Ubi rambat/ ubi ungu berbentuk panjang bertepung dibanding dengan ubi jalar. Disalah satu penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi ubi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, meningkatkan level antioksidan serta mengurangi kolesterol jahat.

4. Talas (Colocasia, Cyrtosperma dan Xanthosoma spp)
Salah satu umbi-umbian yang ada di Indonesia yang memiliki rasa nikmat, gurih dan enak yaitu talas. karena talas sering digunakan sebagai produk olahan oleh-oleh disetiap wilayah. Talas merupakan sumber serat yang baik, nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita juga tersedia. Talas juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah, Melancarkan saluran pencernaan serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Nah, itu lah 4 jenis umbi yang baik untuk di konsumsi. namun dalam mengkonsumsi dengan jumlah banyak perlu kita hindari agar terhindar dari bahaya dan resiko dalam mengkonsumsi makanan jenis umbi.