TOP News
Home » Foods » Gaya Hidup » Jenis Umbi Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Jenis Umbi Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Salah satu sumber makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah umbi. Meskipun Beras atau nasi lebih dikenal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Di Indonesia terdapat banyak umbi-umbian yang dapat diolah dengan mudah dan bermanfaat untuk kesehatan. Umbi-umbian biasanya terdapat di bawah tanah (pada bagian akan tumbuhan), memiliki kandungan karbohidrat atau pati

Umbi-umbian yang tersebar di tanah air meliputi singkong, kentang, talas, ubi jalar, uwi, cantel, ganyong, gembili, sente, dan suweg. Setiap jenis umbi tersebut memiliki perbedaa rasa dan manfaat Masing masing. Dari para peneliti sepakat bahwa ada beberapa umbi-umbian yang kaya akan manfaat dan kenikmatan rasanya. yuk simak ulasannya.

1. Kentang (Colanum tuberosum)

Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kentang memiliki kandungan serat, vitamin, mineral dan fitokimia. beberapa manfaat kentang bagi kesehatan seperti:

  • menguatkan tulang kita, karena memiliki kandungan fosfor dan kalisum yang bisa mencegah osteoporosis atau (pengeroposan tulang)
  • Menyehatkan jantung kita, dengan kandungan serat, potasium, vitamin C dan Vitamin B6 yang bisa mendukung kerja jantung.

ketika kita ingin mendapatkan manfaat tersebut kita haru mengolahnya dengan cara menggoreng. namun beberapa orang enggan memakan kentang, terutama bagi mereka yang ingin mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat.

2. Singkong (manihot esculenta)

Singkong selain memiliki sumber karbohidrat yang tinggi ternyata singkong banyak mengandung vitamin C dan zat antioksidan lain, seperti asam fenolik, saponin, anthraquinones, dan alkaloid yang berguna untuk kulit. Singkong jika di masak menjadi kuliner yang gurih maupun manis yang akan menggugah selera atau mood makan. Selain harganya murah singkong tidak di anjurkan dikonsumsi dengan jumlah yang besar untuk kesehatan. karena kadungan nutrisi lain sangatlah kurang.

3. Ubi rambat, Ubi Ungu (dioscorea spp)

Ubi rambat/ ubi ungu berbentuk panjang bertepung dibanding dengan ubi jalar. Disalah satu penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi ubi secara rutin dapat menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh, meningkatkan level antioksidan serta mengurangi kolesterol jahat.

4. Talas (Colocasia, Cyrtosperma dan Xanthosoma spp)
Salah satu umbi-umbian yang ada di Indonesia yang memiliki rasa nikmat, gurih dan enak yaitu talas. karena talas sering digunakan sebagai produk olahan oleh-oleh disetiap wilayah. Talas merupakan sumber serat yang baik, nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh kita juga tersedia. Talas juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah, Melancarkan saluran pencernaan serta mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Nah, itu lah 4 jenis umbi yang baik untuk di konsumsi. namun dalam mengkonsumsi dengan jumlah banyak perlu kita hindari agar terhindar dari bahaya dan resiko dalam mengkonsumsi makanan jenis umbi.

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen dan PCR Test

Pemerintah saat ini telah mengeluarkan syarat baru bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar kota dengan menyertakan hasil Rapid Test Antigen. Selain Rapid Test Antigen, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Rapid Test Antibodi dan PCR Test. Masing-masing test tersebut digunakan untuk mendeteksi adanya virus covid19. Yuk kenali perbedaannya berikut ini: Rapid Test Antibodi Rapid Read More »

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Istilah Seputar Vaksin Yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini pengembangan vaksin Covid-19 sedang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Banyak informasi yang memberitakan terkait vaksin, jenis vaksin, hingga aktivitas pengembangannya. Agar tidak bingung istilah vaksin, vaksinasi, imunitas, dan imunisasi, yuk kenali pengertiannya sebagai berikut: Vaksin, merupakan produk atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi system kekebalan tubuh Vaksinasi, merupakan Read More »

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Wajib Tau Wisata di Jakarta : Museum Nasional / Museum Gajah

Museum di Jakarta satu ini dulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum Nasional ini kamu bisa mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti dan juga arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Museum Nasional Republik Read More »

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Mengenal RUU Cipta Kerja Bagian Dari Omnibus Law

Sejak Februari 2020, pada mulanya RUU Cipta Lapangan Kerja (CiLaKa) ini sudah dikenal seantero Indonesia dan diganti menjadi RUU Cipta Kerja atau RUU Ciptaker.¬† Pergantian nama ini karena frase dari “Cipta Lapangan Kerja” terkesan menyalahkan kosntitusi. RUU Ciptaker ini bagian dari Omnibus Law yang di rancang oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (2019 -2023) yang memiliki Read More »

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Cara Video Call Bersama 50 Orang Menggunakan WhatsApp Web.

Taukah anda bahwa WhatsApp kini memiliki kemampuan untuk Video Call hingga 50 orang. Baru baru ini pihak WhatsApp telah memperbarui layanannya dengan menambah jumlah Video call yang sebelum nya hanya 2 lalu berkembang menjadi 8 orang dan kini WhatsApp tak tanggung-tanggung menambah pengguna Video Call hingga 50 orang.¬† Hal ini merupakan salah satu fitur terbaru Read More »