Cara Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi) Secara Alami

Cara Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi) Secara Alami Rutin minum air putih merupakan salah satu cara mengeluarkan racun dalam tubuh

Mengonsumsi makanan dan minuman cepat saji, terlalu sering terpapar polusi lingkungan dan penggunaan kosmetik yang memiliki kandungan zat kimia bisa menyebabkan timbunan racun di dalam tubuh. Dan jika racun dalam tubuh sudah menumpuk, hal ini bisa membahayakan kesehatan kita. Hal tersebut ditandai dengan badan yang kurang berenergi atau lemas saat melakukan aktivitas, kerap sakit kepala, sulit untuk tidur, dan rasa mual. Memang tubuh manusia sudah dilengkapi dengan organ-organ yang bisa membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun organ-organ tersebut juga memiliki kapasitasnya sendiri untuk melakukan detoksifikasi.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun dari dalam tubuh, satu di antaranya dengan rajin meminum air putih. Berikut beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk detoksifikasi.

1.Rutin Minum Air Putih

Sebagian besar kandungan yang berada dalam tubuh kita adalah cairan sehingga kita perlu asupan cairan secara rutin agar organ di dalam tubuh berfungsi dengan normal. Saat Anda meminum air putih, itu tidak hanya dapat menghilangkan dehidrasi atau rasa haus, namun juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Untuk membantu dalam menghilangkan racun di dalam tubuh, Anda perlu meminum air putih lebih banyak daripada biasanya. Asupan cairan yang terjaga membuat buang air kecil menjadi lebih lancar dan racun ikut larut bersama urin.

2.Tidur Berkualitas

Dengan tidur, daya tahan tubuh akan meningkat, tubuh menjadi lebih segar, dan terhindar dari masalah yang berkaitan dengan gangguan tidur seperti diabetes. Tidur yang berkualitas juga bisa membuat tubuh kembali mengatur fungsinya dengan baik dan melakukan detoksifikasi secara alami.

3.Puasa

Pada saat puasa, Anda tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu itu dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk pembersihan diri dan juga untuk beristirahat sejenak. Ini merupakan kesempatan tubuh untuk mengatur ulang fungsinya, pemulihan, dan penyegaran.

4.Konsumsi Sayuran dan Buah

Sayur-sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi, vitamin, dan serat yang baik untuk tubuh. Salah satunya baik untuk membantu proses detoksifkasi tubuh secara alami melalui proses pencernaan. Anda bisa mencoba sesekali melakukan diet sayuran mentah (raw diet).  Diet ini dapat membantu usus dan hati dalam mengeluarkan racun. Pada diet ini, Anda diharuskan untuk mengonsumsi sayuran dan buah mentah, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian mentah. Atau Anda juga bisa membuat detok jus sendiri, dengan mencampurkan sayuran dan buah-buahan, yang kaya akan kandungan serat dan vitamin C.

5.Hindari Jenis Makanan Tertentu

Cara terbaik untuk memulai detoksifikasi kolon adalah menghilangkan makanan yang menyebabkan masalah. Mulailah menyingkirkan semua makanan yang membebani kerja hati dan kolon. Berhentilah mengonsumsi makanan manis olahan yang mengandung banyak gula dan tepung. Selain itu, hindari keju atau es krim dalam jumlah yang berlebihan.

6.Berolahraga

Berolahraga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena dapat memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini karena saat melakukan aktivitas fisik kita akan berkeringat, dan biasanya racun dalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat.

7.Jauhkan Kebiasaan yang Tidak Baik

Jika Anda perokok, sebaiknya hentikan terlebih dahulu kebiasaan merokok Anda saat Anda sedang menjalankan detoksifikasi. Rokok dan asap rokok yang terhirup oleh Anda pastinya adalah racun bagi tubuh Anda. Begitu juga jika Anda terbiasa minum minuman alkohol, sebaiknya juga tinggalkan kebiasaan ini. Alkohol dapat memberatkan kerja hati, ini tentu tidak baik saat Anda sedang berusaha mengeluarkan racun dari tubuh.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi).